Jangan Kuatir

Bacaan: Mat. 6:25-34

Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? — Mat 6:25

Di ayat-ayat sebelumnya, Yesus mengajak para murid untuk berpikir sungguh-sungguh mengenai pilihan hidup yang berhubungan dengan 2 macam harta, 2 macam penglihatan dan 2 macam tuan. Para murid harus memilih satu dari antara 2 pilihan. Mana prioritas hidup yang terutama? harta di surga atau di bumi? Mana dari kedua macam penglihatan yang lebih besar kegunaannya? Terang atau gelap? dan siapa dari kedua tuan yang lebih bernilai? Allah atau mamon?

Kemudian ketika kita sudah mengambil keputusan memilih Harta di surga, terang dan Allah sebagai prioritas hidup yang terutama, maka karena itu Yesus baru menjamin kita dengan berkata, ”jangan kuatir akan hidupmu..”

Tuhan Yesus mengajak kita mengevaluasi diri dengan memperhatikan kehidupan burung-burung di udara. Burung-burung adalah ilustrasi tentang cara Allah menyediakan makanan dan bunga adalah ilustrasi tentang cara Allah menyediakan pakaian (ay. 28,30).

Burung-burung itu tidak pernah mengkuatirkan tentang apa yang akan mereka makan esok hari. Walaupun burung- burung itu tidak menabur, tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun Bapa di sorga menyediakan makanan untuk mereka.

Begitu juga dengan bunga bakung di ladang, tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, namun Bapa di surga memberi bunga-bunga itu “pakaian” yang lebih indah dan lebih bagus daripada Salomo, raja yang kaya itu. Ia bahkan mendadani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke api.

Jika Allah sanggup memelihara burung dan bunga, masakan Ia tidak sanggup memelihara anak-anak yang percaya kepada-Nya?

Jika Tuhan sudah memberi kehidupan kepada kita, pastilah Ia juga akan memelihara hidup kita dengan makanan.

Jika Allah memberi suatu tubuh kepada kita, pastilah Ia juga akan memberi pakaian untuk tubuh itu. Sebab kehidupan dan tubuh adalah jauh lebih besar (“penting”) daripada makanan dan pakaian.

Prinsip: Bapa di sorga pasti memelihara hidup orang-orang yang menjadikan Dia sebagai yang pertama dan yang terutama dalam hidup mereka.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s