Give Thanks

Bacaan: Filipi 1:1-6

Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu — Fil 1:3

Paulus berkata:”aku mengucap syukur kepada Allahku”. Kata “mengucap syukur” yang dipakai oleh Paulus di ayat ini dalam bahasa yunani menggunakan present tense, yang artinya terus mengucap syukur, atau selalu mengucap syukur.  Paulus mengucap syukur bukan karena keadaan yang baik. Saat itu, Paulus mengucap syukur ketika ia berada di dalam penjara di kota Roma. Paulus dipenjarakan bukan karena berbuat jahat, tetapi karena memberitakan Injil.

Bayangkan! sebagai orang yang dipenjara, yang dijaga 24 jam setiap hari oleh para serdadu yang bergiliran, seharusnya Paulus mengalami kelemahan secara rohani. Mestinya seperti itu, tetapi ternyata dia tidak mengalami hal tsb. Di dalam penjara, Paulus menulis surat-surat penggembalaan. Dia tulis surat kepada jemaat Filipi, kepada Filemon, kepada jemaat kolose, kepada Timotius. Dia menguatkan orang-orang yang berada di luar penjara.

Paulus berkata “aku mengucap syukur kepada Allahku (I thank my God every time I remember you). Artinya alamat ucapan syukur Paulus tertuju hanya kepada Allah. Kata “Allah-ku” menunjukkan bahwa Paulus mempunyai hubungan pribadi dengan Allah. Ia tidak menulis Allah orang tertentu, tetapi Allahnya sendiri. Tentu saja konsep Allahnya adalah konsep Allah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yaitu Allah Abraham, Ishak dan Israel. Allah yang kita kenal di dalam nama Yesus. Paulus mengenal Tuhan secara pribadi.

Dalam Daniel 11:32 dikatakan: “umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak”.

Kenapa banyak orang Kristen lemah? Jawabannya karena mereka tidak mengenal secara benar siapa Tuhan yang disembahnya, sama seperti yang diucapkan Ayub dalam Ayub 42:5:” Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau”.

Oleh karena itu, berdoalah minta Tuhan membuka mata hatimu untuk mengalami pengenalan akan Tuhan secara pribadi setiap hari, dan bersaksilah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s