Peacemakers

Bacaan: Roma 12:17-21

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah -Mat. 5:9

Kata pembawa damai di mat 5:9 dalam teks aslinya adalah eirenopoiois artinya yang mendamaikan (peacemakers). Murid Yesus sejati adalah orang yang memprakarsai terjadinya perubahan positif terhadap relasi di komunitas.

Kata damai dalam Perjanjian Lama (bahasa ibrani) menggunakan kata shalom, yang artinya damai sejahtera Allah hadir di tengah kita dan biarlah damai Allah itu menyingkirkan semua penghalang-penghalang perdamaian.

Ketika ada api menyala, anda bagaikan seseorang yang membawa 2 ember. Di tangan kiri berisi bensin, dan di tangan kanan berisi air. Manakah yang akan anda lemparkan ke arah api tsb? Air untuk memadamkan atau bensin yang akan memperbesar api?

Tuhan ingin kita jadi pembawa damai, yang meredakan kemarahan.

Seorang pembawa damai adalah seorang yang aktif dan responsif. Ketika mereka melihat ada relasi yang negatif (tidak beres) di sekeliling mereka, mereka langsung mengambil inisiatif untuk membereskannya.

Ketika melihat ada 2 pihak yang sedang berseteru maka dia mulai melakukan sesuatu untuk memprakarsai terjadinya pemulihan hubungan. Masalahnya banyak murid Yesus, yang ketika melihat ada sesuatu yang tidak beres dalam hubungan antar sesama, mereka memilih untuk pasif, tidak melakukan apa-apa, dengan alasan “itu bukan tugasku.” Takut ambil resiko.

Kekristenan sejati itu hangat, menyenangkan, penuh kasih karena bebas dari konflik bathin. Miliki inisiatif itu, jangan menunggu orang lain, jadilah pelopor, lakukanlah terlebih dahulu. Mulailah dari keluargamu lebih dulu, pastikanlah kehadiranmu itu menyingkirkan semua konflik bathin yang ada. Ketika keluarga-kelurga berubah maka komunitas masyarakat juga akan berubah setelah itu baru bangsa kita bisa berubah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s