Diasah

Bacaan: Pkhtbh 10:1-10

Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat — Pkhtbh 10:10

Firman Tuhan berkata: “jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga. Artinya ada 2 pilihan di dunia ini: anda mau bekerja dengan memperbesar tenaga atau  mau bekerja dengan penuh hikmat?

Konon, ada seorang penebang kayu muda yang menjadi sombong, karena kecepatannya menebang pepohonan. Ia sampai ke titik dimana ia merasa sudah siap menantang seorang penebang kayu yang lebih tua, yang juga dikenal karena kemampuannya dalam kontes menebang kayu. Kemudian mereka mulai menebang. Pemuda ini bekerja dengan tenaga penuh. Ia menebang pohon demi pohon tanpa berhenti sepanjang hari. Ia mengira dirinya menang angin, karena ia melihat penebang kayu yang lebih tua itu berhenti sekitar 15 menit tiap jam, tetapi pada sore harinya, penebang kayu yang lebih tua menebang 30 %  lebih banyak pohon daripada pemuda itu. Sedikit kecewa dan bingung, pemuda itu mendatangi penebang tua itu dan bertanya,”bagaimana mungkin anda bisa menebang lebih banyak pohon daripada saya dengan istirahat 15 menit setiap jam? penebang kayu yang lebih tua itu memandanginya dan berkata,”karena ketika saya berhenti menebang, saya menyisihkan waktu untuk mengasah kapak saya”.

Ini perumpamaan bagus bagi kehidupan kristen. Banyak dari kita menebang sepanjang waktu, dan kita bertanya-tanya,”mengapa pohon-pohon masalah dalam hidup kita tidak tumbang-tumbang?” kita memandang orang lain yang sepertinya bekerja setengah dari kita, namun bisa melakukan lebih banyak kemajuan rohani. Mengapa? jawabannya adalah karena mereka meluangkan waktu untuk mengasah kapak ‘bathin’ mereka sehingga mereka bisa mengalami ketajaman dan kemenangan rohani.

Demikian juga dengan kehidupan kita. Jika anda mau hidupmu menjadi efektif, berhasil, dan mampu mengatasi masalah, maka anda harus memberi banyak waktu khusus untuk mengasah kualitas iman, karakter dan kemampuan berpikir anda setiap hari.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s