God’s Favor

Bacaan: Matius 3:15-17

Lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan — Mat 3:17

Kata “berkenan” di ayat 17 ini dalam teks aslinya menggunakan kata eudoke-esa, dari akar kata eudokeo yang dalam bahasa inggris diterjemahkan I am well pleased (Aku berkenan). Nah, seperti kepada Tuhan Yesus, Bapa berkata: “Ini Anak yang Ku Kasihi, kepada-Nya Aku berkenan”. Kita semua juga akan mendapatkan pengakuan itu, pernyataan itu. Ini merupakan suatu Anugrah yang sangat luar biasa! Jadi, proses pembentukan karakter itu sebenarnya merupakan suatu proses sertifikasi.

Ketika seseorang misalnya bekerja di salah satu bidang. Sebelum dia diterima di suatu perusahaan dia akan ditanya: apakah Anda bisa memperbaiki. Misalnya AC (Air conditioner bangunan atau rumah), lalu si pelamar akan berkata, bisa! Maka akan ditanya: “Apakah ada serifikatnya bahwa anda bisa?” apakah anda punya sertifikat yang menunjukkan bahwa anda expert atau ahli di bidang ini?  Ada sertifikasi.

Ketika seseorang sudah lulus dari perguruan tinggi, lalu kemudian menjadi dosen. Dosen-dosen ini harus memiliki kemampuan (kapabilitas) untuk mengajar di tingkat perguruan tinggi. Mereka harus mengikuti semacam program sertifikasi. Kalau mereka tidak memiliki akta tsb, maka mereka tidak boleh mengajar. Ada program sertifikasi.

Semua orang percaya itu selama 70 tahun hidup di dunia ini sebenarnya masuk dalam program sertifikasi. Program untuk mendapatkan suatu pengakuan dari Bapa di Sorga,” Ini Anak yang Ku Kasihi, kepada-Nya Aku berkenan”. Ini adalah program yang Bapa Rancang, yang Bapa kehendaki untuk semua orang percaya. Kita semua dirancang untuk memiliki Karakter Kristus. Karakter yang memperkenan atau menyenangkan hati Bapa.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s