Menjadi Besar

Bacaan: Mat.20:25-28

Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu hendaklah dia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu hendaklah dia menjadi hambamu Mat 20:26

Kalimat ini keluar dari mulut Yesus sebagai jawaban atas dua pertanyaan murid-murid-Nya. Yang pertama, dari Petrus di dalam Mat.19:27 yang berkata, “Kami telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau, apakah yang akan kami peroleh?” dan yang kedua muncul dari ibu Yakobus dan Yohanes. Kali ini bukan berbentuk pertanyaan, tetapi langsung berbentuk permintaan: “Yesus, kalau Engkau menjadi Raja di dalam kerajaanMu, aku minta anakku yang satu duduk di sebelah kananMu dan yang satu di sebelah kiriMu.”

Untuk menjawab pertanyaan dan permintaan dari murid-murid-Nya tsb, Yesus menjelaskan mengenai pemerintah dan penguasa-penguasa di dunia ini melakukan pemerintahan dengan tangan besi dan dengan kekerasan, tetapi tidaklah demikian di antara kamu” . Artinya: kamu tidak boleh demikian. Kamu tidak boleh memimpin dengan cara dunia. Kamu harus berbeda.

Yesus berkata: “Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu hendaklah dia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu hendaklah dia menjadi hambamu”.

Kata “pelayan” menggunakan kata diakonos, yang memiliki pengertian:

Orang yang menyediakan makanan dan minuman di meja untuk majikan

Orang yang menjalankan perintah dari tuannya

Sedangkan kata “hamba” menggunakan kata doulos, yang memiliki pengertian:

Orang yang memberi dirinya untuk orang lain

Orang yang hidup hanya untuk mengabdi kepada Tuan/ Majikannya

Kata-kata diakonos dan doulos ini digunakan oleh gereja abad pertama dengan arti mengabdi, atau menghamba kepada Tuhan dan kepada orang lain.

Yesus tidak melarang kita untuk menjadi besar. Yesus sama sekali tidak keberatan untuk kita menjadi terkemuka, bahkan Yesus memberitahu bagaimana caranya.

Yesus mengajar untuk kita bisa menjadi besar, maka kita harus menjadi pelayan. Untuk kita menjadi terkemuka, maka kita harus menjadi hamba untuk semuanya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s