Respon Yang Benar

Bacaan: 1 Taw 4:9-10

Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” Dan Allah mengabulkan permintaannya itu –    1 Taw 4:10

Bagi orang yahudi, sebuah nama itu mempunyai arti yang sangat penting. Orang tua akan memilih nama untuk anak-anaknya dengan harapan bahwa nama itu akan mewujudkan sifat-sifat yang berkembang dalam diri si anak dan anak itu akan hidup sesuai dengan namanya. Setiap orang orang tua pastilah akan memberikan nama-nama yang bagus kepada anak-anak mereka. Namun tidak demikian dengan ibu Yabes.

Dalam bahasa Ibrani, nama Yabez artinya “dibuat-nya berdukacita”. Secara literal dapat dijelaskan bahwa “ia menyebabkan kesakitan dan dukacita”. Sebuah nama, yang sama sekali tidak menguntungkan untuk hidup dan masa depan Yabez.

Memang biasanya setiap ibu yang melahirkan akan mengalami rasa sakit, tetapi rasa sakit yang dialami oleh ibu Yabez ini melebihi rasa sakit yang biasa, sehingga ia memilih untuk mengingatnya pada nama anaknya.

Yang jelas, hanya Allah yang tahu dengan pasti apa yang menyebabkan ibu Yabez ini sakit dan menderita. Namun hal ini tetap saja menyusahkan hidup Yabez. Ia tumbuh dan dibesarkan dengan sebuah nama yang dibenci oleh semua orang.

Tetapi yang menarik, meskipun situasi dan kondisi hidup Yabez penuh dengan tekanan dan penolakan. Yabez tetap memiliki respon yang benar. Ia berseru kepada Allah Israel.

Yabez menaruh harapannya pada Allah. Yabez percaya bahwa Allah Israel Mau dan Mampu mengubah nasib hidupnya. Alkitab berkata “Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan dan menaruh harapannya kepada Tuhan” (Yer 17:7)

Pengharapan di dalam Tuhan, tidak pernah mengecewakan. Tuhan membawa Yabez naik ke level yang lebih tinggi (Entering the next level). Alkitab berkata”Yabez lebih dimuliakan daripada saudara-saudaranya” (1 Taw 4:9).

Prinsip: Respon yang benar membawa Anda naik ke level yang lebih tinggi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s