Hal Memberi

Bacaan: Mat. 6:1-4

Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. — Mat 6:3

Teks Mat. 6:1-4 ini adalah pengajaran Tuhan Yesus mengenai hubungan kita dengan sesama dalam hal memberi sedekah. Dalam NIV dikatakan: So when you give to the needy, do not announce it with the trumpets.

Ada seorang dermawan yang berencana membagikan hadiah kepada para fakir miskin. Ia  menyewa seorang peniup terompet, kemudian membagikan hadiahnya dihadapan banyak orang. Tujuannya supaya ia mendapatkan pujian dari orang-orang, untuk mendapat kemuliaan bagi dirinya sendiri.

Yesus menyebut peragaan ini munafik (hipokritos). Kata “kemunafikan” itu muncul dari aktor yunani yang selalu memakai topeng untuk mewakili karakter peran yang mereka mainkan di panggung. Mereka disebut munafik atau hipokritos, karena mereka selalu berganti-ganti topeng alias berpura-pura menjadi seseorang (bukan pribadi yang sesungguhnya).

Demikianlah halnya dengan orang-orang yang mau dianggap “rohani” karena memberi sedekah, namun motivasi hatinya tertuju pada pujian serta penghargaan manusia. Inilah orang-orang farisi. Mereka rajin memberi perpuluhan, berderma ke orang miskin untuk memuaskan diri mereka sendiri. Mereka memanfaatkan orang-orang miskin bagi reputasinya sendiri.

Ini masalah sikap hati! Yesus mengajarkan murid-murid-Nya agar memberi dengan sikap hati yang benar di hadapan Tuhan, bukan karena ikut-ikutan, bersaing atau karena ingin dipuji orang lain tetapi karena dorongan Roh Kudus (Tuhan yang menggerakkan).

Kita memberi karena KASIH, bukan untuk menyombongkan diri. Berilah dan lupakanlah! Jangan pernah memikirkan bagaimana penilaian orang lain tentang pemberianmu. Lakukanlah ‘seperti untuk Tuhan’ , dan bukan untuk manusia (Kol. 3:23).  Itulah ibadah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s