Mengenal Roh Kudus (1)

Siapakah Roh Kudus? Beberapa orang beranggapan bahwa Roh Kudus hanyalah bagian yang lebih rendah dari Allah dan tidak perlu disembah. Ada juga yang mengatakan bahwa Roh kudus adalah suatu kuasa/energi/kekuatan/tenaga aktif yang dikendalikan dan digunakan oleh Allah untuk melaksanakan berbagai maksud dan tujuan-Nya. Allah selamanya tetap tinggal di surga, sehingga jika ada manusia yang memohon bimbingan atau kekuatan dari-Nya, maka Allah akan menggunakan tenaga aktif-Nya yaitu roh kudus.

Alkitab menjelaskan bahwa Roh Kudus adalah pribadi ke-3 dari Allah Tritunggal. Kata Tritunggal mengacu pada fakta bahwa Allah itu Tunggal dalam hakekat, namun jamak dalam kepribadian.

Allah yang ESA, terdiri atas 3 pribadi yang berbeda, yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus.  Bapa Anak dan Roh Kudus adalah Allah yang Sehakekat, Melekat dan Sejajar.

Roh Kudus adalah Allah. Ia memiliki sifat-sifat Allah:

Roh Kudus maha tahu (1 kor.2:2), maha hadir (Mzm. 139:7), maha kuasa (Mzm. 104:30), kekal (Ibr 9:14) dan turut serta dalam penciptaan (Kej 1:2). Dalam kis 5:3-5, dikatakan berdusta terhadap Roh Kudus sama dengan berdusta terhadap Allah.

Pemahaman bahwa Roh kudus Sehakekat, Melekat dan Sejajar dengan Allah, mengharuskan setiap orang percaya untuk menyembah dan mengagungkan Dia sama seperti terhadap Allah Bapa dan Tuhan Yesus.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s