Mengenal Roh Kudus (2)

Roh Kudus adalah pribadi. Ia memiliki sifat-sifat sebagai pribadi:

– Ia punya pikiran (1 kor. 2:10 => Dia mengetahui dan menyelidiki segala sesuatu yang dari Bapa; 1 kor.2:13 => Dia dapat mengajar manusia).

– Ia punya perasaan ( Ef. 4:30 => Ia dapat didukakan oleh orang percaya yang penuh dosa)

– Ia punya kehendak (1 Kor. 12:11 => Dia menggunakan kehendak untuk membagikan karunia-karunia kepada gereja ).

Pemahaman bahwa Roh kudus adalah pribadi, mengharuskan setiap orang percaya untuk memperlakukan Roh Kudus sebagai pribadi (jangan dukakan, dustai, dan padamkan).

Bila seorang berdosa bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruslamat, maka Roh Kudus berdiam atau menghuni hidup orang itu (2 kor. 1:22; 1 tes. 4:8; 1 yoh. 4:8; Yoh. 7:37-39) dan menjadi penolongnya untuk selama-lamanya (Yoh. 14:16).

Pelayanan Roh Kudus ini berbeda dengan Perjanjian Lama. Dalam Perjanjian Lama, pendiaman Roh adalah pendiaman yang selektif dan temporal untuk satu tugas tertentu. Misalnya: membebaskan Israel dari peperangan atau membangun kemah pertemuan dan biasanya berhubungan dengan kekuatan fisik. Contoh: simson.

Dalam Pejanjian Lama, Roh Kudus bisa keluar masuk. Itu sebabnya, Raja Daud berdoa:” jangan ambil Roh-Mu yang kudus dari dalamku”.

Jadi dalam Perjanjian Lama, pendiaman Roh Kudus sama sekali tidak ada kaitannya dengan keselamatan dari dosa dan kehidupan rohani.

Namun berbeda dengan Perjanjian Baru. Mulai dari pentakosta, Roh Kudus memulai pelayanan baru bagi orang-orang percaya, yaitu pendiaman secara permanent sebagai pengganti Yesus yang sekarang ada di sebelah kanan Bapa di surga.

Roh kudus tinggal dalam hidup orang percaya untuk selama-lamanya sebagai meterai keselamatan yang menjadikan kita milik Allah untuk selama-lamanya (Ef. 1:13-14).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s