Penolong Yang Lain

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,  yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu — Yoh. 14:16-17

Saat itu, Tuhan Yesus berbicara pada perjamuan malam terakhir dan akan adanya pengkhianatan terhadap diri-Nya. Kondisi waktu itu diliputi dengan ketakutan, karena Yudas baru saja meninggalkan ruangan untuk pergi mengkhianati Yesus (Yoh 13:30). Petrus diperingatkan bahwa dia akan menyangkal Kristus di hadapan umum (Yoh 13:38). Lalu orang-orang Yahudi ingin menyingkirkan Yesus bersama semua murid-Nya. Pukulan paling parah adalah ketika Yesus memberitahu bahwa Ia akan pergi meninggalkan para muridNya (Yoh 14:1-3).

Pertanyaan yang timbul dari benak para murid ketika Yesus akan pergi, “siapakah yang akan menolong kami ketika kami putus asa dan membangkitkan semangat kami pada saat kami tawar hati? Siapakah yang akan menguatkan ketika kami lemah? Siapa yang akan menuntun kami ketika kami kebingungan?” Yesus tahu dan Ia meyakinkan murid-murid bahwa mereka tidak akan ditinggal sendirian.

Yesus mengatakan,” Aku akan meninggalkan kamu sekarang. Akan tetapi Aku akan mengutus bagimu seseorang (pribadi) yang selalu siap membantumu. Apapun masalahmu, apapun keadaan yang menimpa dirimu, apapun pencobaanmu, kekecewaanmu, apapun yang kamu hadapi. Penolong ini akan menyertai untuk menghibur, menguatkan dan menuntun jalan hidupmu.”

Bahasa yunani “penolong” ialah parakletos (kata kerja gabungan dengan awalan ‘para’ yang berarti “di samping” dan kata kerja ‘kaleo’ yang berarti “memanggil”). Kata ini  bisa diterjemahkan sebagai penasihat (counselor), pembela (advocate) atau penghibur (comforter). Secara harfiah istilah ini artinya “seseorang yang dipanggil mendampingi untuk menolong”, yaitu untuk memberi kesanggupan.

Kata “lain” yang digunakan adalah ’allos’ yang artinya “lain dari jenis yang sama” bukan heteros (lain dari jenis yang berbeda). Artinya Penolong ini adalah pribadi yang sehakekat dengan Yesus! Nama penolong ini adalah Roh kebenaran (ay. 17). Dalam ayat 26 disebut Roh Kudus. Roh itu kudus karena Dia adalah Allah, yang sama sekali terpisah dari semua yang cemar. Dialah yang berkarya dalam pengudusan hidup orang percaya (1 ptr.3:15).

Roh Kudus adalah Roh, bukan benda, tidak dapat diraba dan tidak dapat dilihat. Ia tidak dapat dibatasi oleh ruang dan waktu.

Mulai dari pentakosta, Roh Kudus mendiami secara permanen semua orang percaya sebagai pengganti Yesus yang sekarang ada di sebelah kanan Bapa di surga.

Jika anda orang percaya, pertolongan terbaik untuk menghadapi segala masalah terletak di dalam dirimu! Bukan di luar. Alasan utama kita tidak mendapat pertolongan adalah karena kita datang kepada pribadi yang keliru. Roh Kudus ada di dalam dirimu! Dan Ia lebih besar daripada roh apapun yang ada di dunia. Roh kudus adalah jawaban dari setiap pertanyaan dalam kehidupan rohani. Ia adalah penghibur bagi kita yang susah. Ia adalah kekuatan bagi kita yang lemah. Ia adalah kesembuhan bagi kita yang terluka. Ia adalah penuntun bagi kita yang kuatir. Ia adalah pembela bagi kita yang tertuduh. Ia adalah pusat dari kehidupan Kristen! Kita tidak bisa melakukan apa-apa tanpa Roh Kudus

Anda butuh penolong lain yang sama seperti Tuhan Yesus yaitu Roh Kudus. Dialah yang menyertaimu kemanapun anda pergi pada hari senin, selasa , rabu, dst sepanjang minggu, bulan dan tahun.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s