Jalan Yang Sempit

Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya — Matius 7:13-14

Dalam  setiap  krisis,  tidak  banyak  orang  mau mengakui  bahwa  manusia  adalah  lemah  dan tidak berdaya. Kecenderungan orang justru bersifat arogan,  mencoba  menyelesaikan  persoalan  dengan percaya  diri  yang  tinggi,  sehingga  yang  terjadi seringkali   hasilnya   adalah   sebuah   penyangkalan diri  dan  kebohongan  yang  semakin  memperparah keadaan.

Sebagai    orang    percaya    sudah    seharusnya kita meninggalkan sifat tersebut. Lalu bagaimana seharusnya sikap kita saat krisis datang? Segeralah merendahkan diri di hadapan Tuhan dan tanggalkan segala perasaan egois, tinggi hati, khawatir dan bertekuk lututlah di hadapanNya untuk berserah dan percaya  sepenuhnya  walaupun  pada  saat  itu  tidak ada alasan faktual untuk berserah dan percaya. Inilah yang disebut jalan yang sempit itu.

Namun tidak semua orang mau dan sanggup melakukannya, sebab jika kita ingin melewati jalan yang  sempit  itu  membutuhkan  ketaatan  yang terkadang sangat menyakitkan. Tetapi firman Tuhan selanjutnya dalam pasal yang sama berkata: Bila kita mengambil langkah yang merupakan sebuah jalan yang sempit bagi dunia, tetapi jika kita mengandalkan Tuhan, maka  jalan  yang  sempit  ini  akan  membawa kita kepada sebuah esensi kehidupan yang memberikan kehidupan yang berdampak bagi dunia sekeliling kita.

Di dalam kehidupan dunia yang penuh kebencian dan dendam, kita dapat menebarkan kasih. Di dalam kehidupan dunia yang saling menghancurkan, kita dapat menebarkan damai sejahtera. Di dalam kehidupan dunia yang penuh tekanan, kita dapat menjadi sumber kekuatan. Itu semua adalah hasil dari ketaatan kita untuk berjalan di jalan yang sempit itu.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s