Tersenyumlah

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus —Filipi 4:4-7

Bagaimana Anda merespons sebuah berita buruk? Apakah hati Anda juga menjadi buruk, menanggapi dengan buruk dan memberikan respons buruk ke dalam maupun keluar? Ketika Anda mulai bersikap   menyerah   dan   tidak   mau   melakukan apapun, ataupun mungkin Anda mulai marah­marah, mengumpat, dan melontarkan caci maki, maka Anda membuat  diri  Anda  kelihatan  buruk  di  hadapan Tuhan dan manusia. Perhatikan bila Anda bersikap buruk, maka keadaan sekitar tidak juga bertambah baik malah akan bertambah sangat buruk.

Ketika hati kita menerima berita buruk, namun kita tetap memiliki damai sejahtera dan mengucap syukur atasnya, maka keadaan sekitar kita walaupun parah akan terkendali oleh sikap kita. Bukankah firman Tuhan berkata bahwa kita adalah terang dan garam dunia yang artinya kita yang menggarami dan mempengaruhi keadaan, bukan kita yang dipengaruhi keadaan?

Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali kejadian di dunia ini yang dapat menjadi  berita  buruk  sebab  apa  yang  terjadi tidak sesuai dengan pengharapan kita. Karena itu sangat penting bagi kita untuk memiliki suasana hati yang penuh dengan damai sejahtera dan bersukacita supaya kita menjadi tenang dan berhikmat dalam menghadapi persoalan dan tantangan. Bahkan dalam kuasa Tuhan, kita mampu mengendalikan, mengatasi, dan menang atas segala keadaan.

Sementara apabila kita tidak punya sikap hati yang berserah kepada Tuhan, maka keadaan akan mengambil alih sejahtera kita dan kita akan kehilangan sukacita dan damai sejahtera yang mana sesungguhnya adalah kekuatan kita. Tanpa damai sejahtera dan sukacita dari Tuhan maka kita sesungguhnya tidak lebih dari sebuah bejana tanah liat kering yang rapuh dan mudah hancur.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s