Mencari Dengan Sepenuh Hati

Carilah maka engkau akan mendapatkan dan  ketoklah  maka  pintu  akan  dibukakan  bagimu — Matius 7:7).

Perjumpaan dengan Tuhan dapat dialami saat kita mencari Tuhan dengan sepenuh hati dan dengan mata  hati  yang  tertuju  kepada Tuhan.

Yosua adalah abdi Musa yang percaya dan mencari Tuhan dengan sepenuh hati. Namun Alkitab mencatat bahwa sebelum memulai pekerjaan besar memimpin bangsa Israel masuk ke Tanah Perjanjian dan berperang melawan bangsa­bangsa raksasa, Yosua tidak mengalami perjumpaan dengan Tuhan secara pribadi. Tetapi Tuhan mengurapinya melalui penumpangan tangan Musa dan Roh Tuhan bersama dengan dia untuk memimpin Yosua masuk, menang, dan menguasai Tanah Perjanjian.

Kaleb bin Yefune adalah salah satu dari 12 pengintai Israel   yang   dikirim   Musa   bersama   dengan  Yosua untuk mengintai tanah Kanaan yang memang subur berlimpah susu dan madu namun dihuni oleh orang­ orang Anakim yang berperawakan raksasa. Kenyataan ini membuat 10 pengintai Israel hatinya gentar, tidak lagi berpegang pada janji Tuhan dan mulai tawar hati. Akibatnya mereka berkata­kata negatif dan mulai menyebarkan hasutan.

Hanya  Yosua  dan  Kaleb  yang  mengikuti Tuhan  sepenuh  hati.  Mereka  memegang  teguh janji Tuhan dengan percaya bahwa Tuhan akan menyerahkan bangsa raksasa itu ketangan bangsa Israel sesuai dengan yang difirmankanNya. Tuhan memperhitungkan iman dan pengharapan mereka sebagai kebenaran, sebab itu hanya Yosua bin nun dan Kaleb bin Yefune yang diizinkan Tuhan masuk dan menikmati Tanah Perjanjian.

Perjumpaan dengan Tuhan dapat membuat kita percaya sepenuhnya kepada Tuhan dan mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati, walaupun kita berada dalam sebuah situasi yang tidak ada alasan untuk kita mempercayai Tuhan. Tetapi bila kita percaya dan mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati, maka kita akan dibuat kagum akan pemeliharaan dan pembelaan Tuhan dalam hidup kita. Sebab mukjizat demi mukjizat menjadi bagian hidup orang yang mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s