Perbedaan Yang Berdampak Besar

Bacaan: 2 Samuel 12:1-14

Apa  yang  menjadi  perbedaan  antara  Daud  dan Saul? Daud dan Saul adalah orang­orang pilihan Tuhan untuk menjadi raja atas bangsa Israel, tetapi di tengah­tengah tugasnya, mereka sama­sama telah berbuat  dosa.  Daud  telah  mengingini  istri  orang lain, berzina, menipu, dan merancangkan kecelakaan untuk orang lain, membunuh dengan berencana, mengambil istri orang lain dan berpura­pura suci. Dengan dosa yang besar ini, sepantasnyalah Daud mendapat hukuman dari Tuhan. Sementara Saul, berdosa terhadap Tuhan namun dengan kadar yang lebih rendah: mengandalkan diri sendiri, sombong, tidak taat pada perintah Tuhan dan iri hati.

Namun Daud walaupun dosanya semerah kirmizi dan sangat berat, tapi ia cepat bertobat, mengaku dan menyesal kepada Tuhan dan ia segera meninggalkan dosanya. Sedangkan Saul tidak memiliki sikap cepat bertobat, bahkan ia bersikap membenarkan diri sendiri dan mencari kesalahan orang lain.

Sikap kedua orang pilihan Tuhan terhadap kesalahan itulah yag membedakan perlakuaan Tuhan terhadap orang­orang yang diurapiNya. Walaupun Daud teah melakukan dosa yang keji, Tuhan segera pada saat itu juga menghapus semua dosa Daud (2 Samuel 12:13). Sementara dalam kasus Saul: Tuhan segera meninggalkan Saul (1 Samuel 15:28). Alkitab mencatat akhir hidup kedua orang yang diurapi Tuhan: karena Tuhan telah meninggalkan Saul, maka dia meninggal dengan tragis. Sementara Daud menjadi raja terbesar Israel yang tidak pernah kalah dalam peperangan sebab Tuhan bersama Daud.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s