Jangan bersungut-sungut

Bacaan: Keluaran 17:1-7

 Hari ini kita mau belajar dari kisah kekeringan yang  dialami  oleh  bangsa  Israel  (Keluaran 17).  Situasi  kekeringan  seperti  ini  telah  membuat iman bangsa Israel menjadi kering, sehingga mereka bertanya, “Adakah Tuhan peduli dengan kami?” atau lebih tepatnya “Apakah Tuhan ada?”

Memang seringkali kekeringan dapat membuat manusia termasuk kita orang percaya meragukan keberadaan Tuhan. Bisnis yang kering, sakit­penyakit, kekhawatiran yang berlebih-­lebihan, usaha yang gagal, dapat membuat manusia meragukan keberadaan dan campur tangan Tuhan. Sebab memang Dia tidak terlihat dan yang terlihat hanyalah persoalan dan teramat sering pula karena ketidakterlihatan Tuhan, Dia selalu menjadi kambing hitam.

Belajarlah dari firman Tuhan hari ini, supaya pada saat kita mengalami kekeringan, kita tidak menjadi kering iman dan kemudian meniru cara bangsa Israel yang  menggerutu,  bersungut­-sungut  menyalahkan Tuhan sehingga mereka tidak menikmati janji Tuhan sebagai akibatnya. Tetapi sebaiknya dari peristiwa kekeringan itu, kita belajar dari firman Tuhan  yang  mengajar  kita  untuk  mengikuti segala perintah, hukum, ketetapan Tuhan supaya kita  menjadi  milik  kepunyaan  Tuhan,  bangsa yang kudus, biji mata Tuhan.

Tuhan memperhitungkan ketaatan kita, sebab di dalam ketaatan kita, kemuliaan Tuhan dinyatakan. Walaupun di dalam kekeringan asalkan kita setia pada janji Tuhan dan meng­ hampiri hadiratNya maka awan kemuliaan Tuhan akan melingkupi kita dan Tuhan menjawab untuk mencukupkan segala keperluan kita menurut kekayaan dan kemuliaannya.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s