Hamba yang setia

Bacaan: Kejadian 24

Hari ini kita mau belajar dari sikap hati seorang hamba   yang   diutus   oleh   Abraham   untuk mencari seorang istri untuk Ishak anaknya. Bagaimana hamba   yang   setia   ini   pada   akhirnya   berhasil menyelesaikan misi yang diberikan kepadanya. Ada beberapa hal menarik untuk kita pelajari:

1. Hamba tanpa nama ini mendapatkan otoritas dari Abraham dengan sebuah ikatan sumpah (ayat 9).

2. Seperti tuannya Abraham, hamba tanpa nama ini mengenal Tuhan dan mengandalkan Dia (ayat 12).

3. Hamba yang setia ini tidak menyalahgunakan otoritas dan mengambil kesempatan dari otoritas yang diberikan oleh Abraham (ayat 34).

4. Hamba yang setia ini tetap patuh sampai akhir. Walaupun sukses, hamba ini tidak bersenang­senang merayakan kesuksesannya (ayat 54).

Kebanyakan dari kita gagal dalam menjalankan sebuah misi atau gugur separo jalan karena kita bergerak maju tanpa kuasa dan otoritas dari Tuhan. Kita tidak pernah meminta otoritas dan kuasa dengan doa kepada Tuhan, sebab kita terlalu percaya pada diri sendiri dan kalaupun kita memiliki otoritas dari  Tuhan  dalam  pelaksanaan  misi  tersebut, kita terlalu sering menyalahgunakan otoritas dengan mencuri kemuliaan Tuhan. Sementara bila kita sukses, kita cenderung bersenang­senang merayakannya untuk kesenangan dan kemuliaan diri sendiri.

Hari ini bila Anda ingin mengalami sebuah kesuksesan dalam sebuah misi, maka haruslah Anda bersikap seperti hamba Abraham tersebut, yaitu sadar bahwa di dunia ini kita adalah hamba yang telah dijadikan alat kemuliaan Tuhan. Sebagai hamba kita hanya dapat berjalan dan bergerak saat menerima otoritas dan kuasa dari Tuhan. Dengan otoritas yang dari Tuhan maka Dia akan menjamin keberhasilan atas apa saja yang kita kerjakan. Dan sebagaimana hamba yang setia dan patuh itu, maka untuk setiap keberhasilan itu, kita harus mengembalikan untuk  kemuliaan  nama  Tuhan  bukan  untuk diri kita sendiri, dengan demikian Tuhan akan mempercayakan perkara-­perkara yang lebih besar lagi.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s