Hidup Kudus

 Bacaan: I Petrus 1:13-21

Pada  waktu  Tuhan  menjadikan  raga  manusia dari  debu  tanah,  manusia  belumlah  memiliki kehidupan. Tetapi pada saat Tuhan menghembuskan nafasNya, maka manusia menjadi hidup dan memiliki kehidupan. Saat itu juga manusia memiliki Roh Tuhan dan juga raga yang adalah debu dan tanah itu berubah menjadi daging yang hidup dan terbentuklah tubuh manusia  yang  kompleks  guna  menunjang  status manusia  sebagai  makhluk  yang  paling  berhikmat serupa dan segambar dengan Tuhan.

Tetapi ketika manusia jatuh dalam dosa, Roh Tuhan pergi daripadanya dan pada saat itulah kedagingan manusia menjadi mortal, yang artinya bahwa manusia kehilangan kehidupan kekal dan menuju kepada kebinasaan. Sesegera itu pula Tuhan melakukan perencanaan untuk menyelamatkan dan memberikan kehidupan kekal itu kembali kepada manusia yang telah menjadi bagian dari Tuhan.

Sebab Tuhan itu kudus sehingga Dia tidak dapat mentoleransi dosa. Maka dengan kasih, Tuhan segera mengeluarkan  manusia  dari  hadirat  Tuhan  yang kudus supaya manusia tidak memperoleh hidup yang  kekal  pada  saat  status  sebagai  manusia yang masih dalam dosa, supaya Tuhan dapat menghukum dosa dan kedagingan manusia untuk dapat kembali mengkuduskan manusia.

Allah Bapa tahu bahwa iblis telah mencuri kekudusan Tuhan yang mengakibatkan perginya Roh Tuhan dari manusia, sehingga keselamatan dan hidup yang kekal hanya dapat direstorasi dengan darah yang Kudus dari pribadi Allah Anak. Dan sesungguhnya kepada kita telah difirmankan bahwa  rencana  dan  karya  penyelamatan  itu sudah dikerjakan Tuhan Yesus di atas kayu salib. Karenanya keselamatan dan hidup yang kekal itu telah kembali dianugerahkan kepada siapa saja yang mau percaya kepada Kristus. Ketika kita percaya,  pada  saat  itulah  Roh Tuhan  kembali di dalam kita untuk memberikan sumber kehidupan. Bila Roh Tuhan tinggal bersama dengan kita dan dalam kepatuhan kita kepada Roh Tuhan, maka segala sesuatu menjadi sangat mungkin bagi kita.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s