Orang benar akan hidup oleh iman

Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana —  Amsal 24:16

Menurut Roma 1:17, orang beriman pasti akan hidup dalam pemeliharaan Tuhan . Anugerah Tuhan diberikan kepada kita dan dijamin selalu baru setiap paginya. Seperti  matahari  yang tidak pernah berhenti bersinar begitu juga anugerah Tuhan. Tetapi walaupun matahari bersinar setiap waktu, tidak setiap orang yang menerima sinar matahari dapat memanfaatkan dan memaksimalkan sinar matahari kecuali untuk hal-hal tertentu saja seperti menjemur pakaian,  dll.  Tetapi  bagi  mereka  yang  kreatif  mereka akan  menggunakan   solar  panel  untuk  mengkonversi sinar matahari menjadi tenaga listrik yang memiliki nilai tambah yang tinggi.

Itulah perumpamaan untuk dapat menggambarkan fungsi iman yang sangat diperlukan bagi kehidupan manusia, yaitu untuk mengkonversi anugerah Tuhan menjadi jawaban   atas   semua   pergumulan   dalam   kehidupan kita. Diperlukan sebuah iman yang teguh untuk menangkap Anugerah Tuhan dan mengkonversinya.

Karena   itu,   benarlah   apa   yang   dikatakan oleh Raja Daud, pribadi yang memiliki iman tak tergoyahkan kepada Tuhan dalam keadaan apa pun, tentang kehidupan orang benar dan beriman dalam Mazmur 37:25. Dikatakan bahwa selama kariernya yang jatuh bangun dari kehidupan seorang gembala yang  biasa  sampai  menjadi  raja  terbesar  di  Israel, dia belum pernah melihat orang-orang beriman itu jatuh dan tidak pernah bangkit lagi, apalagi sampai meminta-minta roti.

Dalam kehidupan iman orang percaya, Kristus mengajarkan untuk tidak putus asa, dan tetap bertekun dalam pengharapan. Sehingga walaupun orang percaya jatuh bangun, tetapi mereka masih memiliki dasar yang membentuk kehidupan mereka sebagai bejana untuk menerima Anugerah dan kemuliaan Tuhan yang lebih besar. 

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s