Penulis kehidupan

Bacaan: Mazmur 139:14-18

Seorang  penulis  profesional  seperti  JK  Rowling sebelum menulis sebuah karya sudah pasti memiliki sebuah imajinasi tentang apa yang akan dituliskan dan dari imajinasi tersebut dia menulis sehingga menghasilkan karya  spektakuler.  Sementara  seorang  penulis  skripsi mengerjakan  tulisannya  berdasarkan  referensi  karya orang lain yang terkadang hanya bermotifkan asal lulus dan mendapatkan gelar sarjana. Sebab itu, sangat jarang dihasilkan sebuah karya skripsi yang spektakuler.

Tuhan Yesus adalah Tuhan yang bertindak sebagai Penulis kehidupan yang sesungguhnya. Dia “menulis” tidak dengan motif untuk menjadi tenar atau terkenal, tetapi Dia menulis dengan kasih untuk mengembalikan gambaran Tuhan dalam diri manusia yang pernah hilang tercuri oleh iblis. Seperti sebuah buku. Buku kehidupan pun terdiri dari banyak bab dan manusia sebagai tokoh kehidupan. Bab yang pertama diawali dengan penciptaan manusia sebagai wakil Tuhan di bumi. Namun karena manusia ingin menjadi sama dengan Tuhan, akhirnya manusia jatuh dalam dosa. Semenjak itu, mulailah bab kelam dalam kehidupan manusia di mana manusia telah menjadi hamba iblis. Bibit dosa masuk ke hati manusia dan  melahirkan  maut,  mengakibatkan  manusia saling menghancurkan.

Dalam upaya untuk mengembalikan gambar Tuhan yang hilang, maka Tuhan mengutus nabi- nabiNya untuk menyampaikan hukum dan ketetapan Tuhan, tetapi karena dosa sudah berakar maka manusia pun tetap menolak Tuhan. Namun Tuhan adalah Tuhan yang peduli. Dia tahu bahwa hanya ada satu jalan untuk mencabut akar dosa yang teramat dalam yaitu dengan darah AnakNya yang tunggal Yesus Kristus. Bab selanjutnya adalah Tuhan Yesus dengan rela mati di kayu salib untuk menanggung dosa yang tidak pernah diperbuatNya. Pintu anugerah kasih itu terbuka kepada siapa pun yang mau menerima Yesus sebagai Juruselamat dan kepada siapa pun yang menerima diberiNya kuasa untuk melakukan perkara-perkara ajaib. Namun, ketahuilah bahwa pada bab terakhir, Penulis kitab kehidupan yang agung akan datang untuk menutup pintu anugerah kasih dan menutup buku kehidupan sebagai Raja atas segala-galanya.

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s