Jangan tinggal di luarnya

 Bacaan: Yohanes 15:1-8

Dosa adalah perkara yang sangat serius bagi Tuhan yang adalah kudus. Sejak manusia jatuh dalam dosa untuk pertama kalinya, Tuhan Allah berencana untuk menyelamatkan manusia dan menguduskannya melalui para imam, hakim dan nabi-nabi dengan penumpahan darah binatang. Ibrani 9:22 mencatat bahwa tanpa darah tidak akan ada pengampunan. Namun dari waktu ke waktu dosa semakin dipaket dalam paket menarik oleh iblis untuk menjerat manusia. Akibatnya manusia terlampau sering jatuh bangun di dalam dosa, sehingga dosa menjadi tumbuh dan berakar dalam manusia. Dosa telah menjadi tuan dan atau tepatnya dijadikan tuan oleh manusia sendiri dan sejak itulah manusia yang dulunya segambar dan serupa dengan Allah, harus menjadi abdi dosa.

Tuhan harus menghancurkan iblis bersama dengan kerajaannya dan hal tersebut hanya dapat dimungkinkan dengan peran Allah Anak yaitu Tuhan Yesus sendiri yang turun ke dalam dunia orang mati. Yesus menghancurkan kerajaan kematian dengan kebangkitanNya dari dunia orang mati sebagai yang sulung dan terdahulu. Pada saat segala dosa, kutuk, kenajisan, ditimpakan kepada Yesus di atas kayu salib, Tuhan yang adalah kudus maka untuk waktu yang sekejap Bapa harus meninggalkan/ memalingkan wajahNya dari Yesus. Yesus harus terpisah dari BapaNya untuk sementara waktu sebab Allah Bapa yang kudus tidak bisa bersatu dengan dosa.

Firman Tuhan hari ini membuktikan bahwa Yesus adalah Anak Allah yang memerlukan urapan penyertaan Roh Tuhan. Dia tidak dapat terpisah dari Roh Tuhan walaupun hanya untuk sementara waktu dan kenyataan itu diekspresikan dengan berseru, “Eloi Eloi lama sabachtani.”  Apalagi  kita  manusia  biasa  dari debu tanah, kita sangat perlu Roh Tuhan. Kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa Tuhan. Sebab itu  tinggallah  di  dalam Tuhan  maka  apa  saja yang kita minta di dalam nama Yesus pasti akan digenapi.

 

 

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s