Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan

Bacaan: Roma 12:9-21

Bayangkan seandainya Anda memiliki musuh yang telah mengkhianati Anda, tentu Anda tidak ingin berjumpa  dengannya.  Apabila  kebetulan  bertemu mungkin Anda akan menghajarnya, karena kita akan senang bila melihat orang yang kita benci menderita.

Satu hal menarik yang dilakukan oleh Tuhan Yesus menjelang perayaan roti tidak beragi, yang sekaligus membuktikan bahwa Dia adalah pelaku firman Tuhan adalah ketika Yesus mengambil kain lap dan air dan mulai membasuh kaki Yudas. Dia yang Mahatahu pasti tahu bahwa Yudas Iskariot akan dipakai iblis untuk mengkhianatiNya, tetapi Dia yang Mahatahu adalah juga Mahakasih dan oleh kasihNya yang teramat besar, maka walaupun Tuhan Yesus tahu bahwa Yudas akan mengkhianati Dia, namun Tuhan Yesus tetap mengasihi Yudas.

Sesuatu yang tidak pernah mungkin dilakukan manusia kecuali Tuhan yang memampukan. Tuhan membenci  dosa  tetapi  mengasihi  manusia  yang berdosa dan peristiwa ini membuktikan bahwa Tuhan Yesus adalah Firman dan sekali firman itu diucapkan/diperkatakan oleh Tuhan Yesus maka firman itu akan pasti akan digenapi. Tuhan Yesus mengajarkan  kasih  dan  Dia  juga  melakukan perbuatan kasih tanpa syarat sekalipun terhadap musuh.

Renungkan  kebaikan  kasih  Tuhan  yang telah  rela  mati  di  kayu  salib  untuk  menebus dosa kita, yang seharusnya kita pun mengikuti teladan Yesus dengan mengasihi sesama seperti Tuhan Yesus yang dengan kasih membasuh kaki orang yang akan mengkhianatiNya. Dan bila kita menjadi pelaku firman, maka lihatlah berkat- berkat bangsa-bangsa akan datang mengejar kita.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s