Iman vs nekat

Bacaan: I Korintus 2:10-16

Saat Anda berada dalam ketakutan dan kekhawatir- an, ketahuilah Anda sudah berada jauh dari Tuhan dan hadiratNya. Jika Anda berada jauh dari Tuhan berarti Anda berada dalam bayang-bayang iblis, dan jika Anda terus khawatir dan takut dan tidak kembali ke hadirat Tuhan maka Anda akan jatuh dalam dosa.

Tuhan tidak memberikan roh ketakutan kepada orang-orang yang percaya, tetapi Dia telah meng- anugerahkan kuasa dalam kasih untuk menghasilkan pikiran yang jernih yaitu pikiran Kristus. Artinya bahwa setiap kita telah dianugerahkan kuasa firman Tuhan  sebagai  perlengkapan  untuk  memperkuat dan meneguhkan iman kita. Dari iman yang kuat kita akan memperoleh pikiran Kristus untuk dapat mengerti rencana Tuhan bagi setiap kehidupan kita. Dengan demikian terhadap persoalan apa pun yang mungkin kita hadapi hari ini, kita tidak akan mudah tertunduk lemah atau mudah menyerah, tetapi kita akan   menegakkan   kepala   memandang   persoalan sebab Roh Tuhan yang ada dalam hati kita lebih besar dari persoalan apa pun di muka bumi ini.

Firman hari ini tidak mengajarkan kepada kita untuk tidak akan pernah takut alias nekat sebab Tuhan beracara dalam setiap rencanaNya. Tetapi hendaklah diketahui bahwa tidak satu pun ajaran firman Tuhan tentang jangan takut, mengajarkan kita untuk nekat (berani tanpa berpikir jernih), sebab memang terdapat perbedaan tipis antara iman dan nekat.

Orang beriman tidaklah harus nekat sementara orang nekat tidak harus punya iman. Iman  harus  didasari  oleh  firman  Tuhan  dan oleh firman Tuhan maka iman itu terbentuk. Sementara nekat timbul dari pikiran yang kalut dan jiwa yang goyah. Sehingga dari paradigma kekristenan perbedaan ini sangat jelas. Oleh sebab itu dasari hidup Anda dengan firman Tuhan, maka Anda akan bertindak dengan iman dan bukan nekat.

 

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s