Burung onta

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya —  I Korintus 10:13

Perhatikanlah bagaimana burung onta menghadapi bahaya saat dia sedang dikejar-kejar oleh binatang pemangsa. Dia akan segera menyembunyikan kepalanya ke dalam lubang. Ini adalah tindakan yang tidak tepat sebab dengan tindakan menyembunyikan kepala di dalam lubang, tidak akan menyelamatkan burung ini, malah dapat mendatangkan kecelakaan/ kematiaan  sia-sia.  Tindakan  ini  hanyalah  sebuah tindakan lari dari kenyataan atau berpura-pura tidak ada masalah.

Banyak dari kita yang berlaku seperti burung onta ketika kita menghadapi persoalan yang berat. Kita lari dari kenyataan atau menguburkannya dalam hati dan berlaku seolah-olah semuanya berjalan biasa-biasa saja tanpa ada persoalan. Langkah seperti perbuatan burung onta dapat mendatangkan kepahitan dan penyesalan diri yang mendalam yang dapat berdampak pada munculnya banyak sakit-penyakit dan pengutukan serta perendahan diri sendiri yang bisa-bisa terbawa sampai seumur hidup kita. Kalau burung onta menyembunyikan kepalanya dalam lubang untuk lari dari persoalan, maka cara manusia lari dari kenyataan umumnya berupa jatuh dalam tipuan iblis seperti dunia malam atau obat-obatan.

Alkitab mengajarkan agar kita bersikap seperti Daud saat menghadapi persoalan raksasa seperti  Goliat.  Daud  tidak  lari  terbirit-birit, tetapi Daud datang menghadapi Goliat dengan mengandalkan Roh Tuhan. Dan oleh kuasa Tuhan maka Goliat tumbang dalam kesombongannya.

Demikian juga Allah sanggup menumbangkan setiap persoalan yang Anda hadapi. Untuk itu jangan lari dari persoalan, tetapi hadapi persoalan bersama dengan Roh Tuhan.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s