Rendah hati bukan rendah diri

Bacaan: Mazmur 25:9-10

Anda  ingin  tahu  rahasia  untuk  mengalami  kemuliaan? Jawabnya ada pada firman Tuhan di dalam Amsal 15:33 yaitu kerendahan hati. Kerendahan hati tidaklah sama dengan rendah diri. Kerendahan hati adalah sama dengan kebesaran hati dan dia adalah kebalikan dari tinggi hati. Di dunia sekitar kita banyak sekali orang yang rendah diri, yang entah mengapa mereka terlalu rendah menilai diri sendiri bahkan terkadang mengutuki diri sendiri. Mereka sendiri tidak menghargai bahwa manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Tuhan bahkan sering dengan ucapan mereka merendahkan diri  seperti  “binatang”.  Mereka  adalah  kalangan yang mudah tersinggung dan mudah bereaksi dan terprovokasi untuk masalah-masalah yang tidak jelas dan bahkan tidak mereka mengerti.

Sebaliknya ada juga yang memiliki hati yang tinggi sampai ke kepala, yang menilai diri mereka sendiri terlalu tinggi, sehingga mereka memandang rendah dan tidak menghargai orang lain yang diciptakan  serupa  dan  segambar  dengan  Tuhan.

Pikiran, perbuatan dan tingkah laku mereka hanya diisi dengan pujian diri sendiri. Dan biasanya apa yang mereka kerjakan sengaja dibuat mencolok agar orang lain melihat dan berdecak kagum. Rupanya tinggi hati juga dapat terjadi di dalam rumah  Tuhan.  Ingatkah  Anda  pada  perintah firman Tuhan  dalam  Matius  6:5  untuk  tidak berdoa seperti orang fasik yang sengaja berdoa supaya bisa dilihat orang? Sewajarnyalah dalam kesadaran penuh sebagai manusia yang lemah dan yang rentan dengan kehancuran, kita merendahkan hati dengan berserah kepada Tuhan sebagai pemilik kehidupan kita untuk menguasai dan berdaulat penuh untuk mengambil tanggung jawab penuh atas kehidupan kita. Maka sebagai Tuhan yang diandalkan, Dia tidak akan pernah membiarkan kita sendirian menghadapi badai kehidupan, tetapi Dia akan menuntun jalan kita untuk membawa kita masuk ke kehidupan yang penuh kemuliaan di bumi seperti kemuliaan di surga.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s