Dosa kecil atau dosa besar?

Bacaan: Yakobus 1:12-18

 Di suatu bandara penerbangan, untuk menghindari overloaded  charges  di  bandara,  ada  seseorang yang sangat kreatif. Saat kopernya sedang ditimbang oleh pihak bandara, dia mengangkat ujung kopernya supaya timbangan bagasinya terhitung lebih ringan. Dia berpikir bahwa dia hanya berbohong kecil untuk sebuah persoalan kecil.

Jujur saja, dosa-dosa seperti itu terkadang masih kita lakukan. Kita kadang berpendapat bahwa itu hanyalah dosa kecil, Tuhan pun memaklumi. Kita harus mengubah pola pikir kita, bahwa di mata Tuhan tidak terdapat istilah dosa besar ataupun dosa kecil, semua dosa merupakan kenajisan bagi Tuhan. Justru melalui dosa-dosa seperti inilah secara tanpa sadar kita telah membuka celah bagi iblis untuk menyelinap masuk dan membuat roh kita tidak lagi peka dengan kebenaran Tuhan. Selanjutnya, kita akan terbiasa dan mulai menoleransi dosa yang lebih besar dan semakin besar. Saat seperti itulah iblis dengan pelan  namun  pasti  akan  menggeser  Roh  Kudus dalam hidup manusia dan menggantikannya dengan kemunafikan.

Firman  Tuhan  yang  kita  dengar  hanya akan sampai sebatas telinga, kemudian dengan mudah  direbut  kebenarannya  oleh  iblis sebelum firman Tuhan itu turun ke hati untuk direnungkan. Ketahuilah pada masanya dosa akan mendatangkan maut.

Firman Tuhan dan Roh Kudus berfungsi sebagai filter dalam kehidupan kita. Roh Kudus akan membuat kita peka terhadap kebenaran firman Tuhan supaya kita tidak melakukan pelanggaran dengan menoleransi dosa. Tuhan berkata bahwa firman Tuhan itu bagaikan pedang bermata dua yang sangat tajam membelah sangat dalam dengan memisahkan jiwa dengan roh, sendi-sendi dan sum-sum dan kebenaran firman Tuhan menghakimi hati dan pikiran. Artinya bahwa melalui firman Tuhan dan Roh Kudus, kehidupan kita akan dipisahkan dari kedagingan untuk dikuduskan menjadi alat kemuliaan Tuhan di dunia ini.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s