Jadilah kehendakMu

 Bacaan: Filipi 2:4-11

Doa Bapa Kami adalah doa yang sangat sederhana. Apa yang diajarkan Tuhan Yesus dalam doa Bapa Kami adalah untuk kita berserah dalam kehendak Tuhan sebab kehendak Tuhan adalah yang terbaik di bumi seperti di surga. Selanjutnya kehendak Tuhan itulah yang akan mencukupkan segala apa yang kita perlukan, bahkan kehendak Tuhan yang akan memberikan segala sesuatunya yang belum pernah kita pikirkan, belum pernah kita bayangkan dan dengar.

Tuhan Yesus adalah firman Tuhan yang hidup yang karena kasih Tuhan telah menjadi manusia, dan dalam rupa sebagai hamba, Yesus patuh kepada firman Tuhan sepenuhnya walaupun untuk itu Dia harus mati di kayu salib. Dalam hal ketaatan itu dibuktikanNya saat Dia bergumul dan berdoa di taman Getsemani. Di dalam pergumulan yang berat tersebut, Tuhan Yesus berkata bahwa  jiwaNya  sangat  tertekan  (terhadap  apa  yang akan terjadi di kayu salib nanti) seperti Dia merasakan kematian. Kitab Lukas mencatat pada waktu itu, karena tekanan jiwa yang begitu berat pembuluh darah di kulit sampai pecah sehingga Tuhan Yesus berpeluh darah (Lukas 22:44). Seberat apa pun penderitaan Yesus saat itu, Dia taat terhadap firman Tuhan dan menjadi pelaku firman seperti yang diajarkanNya dalam doa Bapa kami: “jadilah kehendak-Mu” (Matius 26:42). Dia berdoa kepada Bapa untuk minta ketaatan terhadap firman Tuhan. Dan oleh kepatuhanNya itu, Kitab Filipi 2:6-11 mencatat, “Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: ‘Yesus Kristus adalah Tuhan,’ bagi kemuliaan Allah, Bapa!”

Kepatuhan dan ketaatan adalah sebuah ke- putusan yang dapat diambil oleh seseorang termasuk kita, berdasarkan apa yang kita percaya dan imani. Apabila kita mau setia dan taat terhadap kehendak Tuhan, maka kepada kita akan dianugerahkan kasih dan perkenanan Tuhan yang akan membuat segala apa yang kita kerjakan berhasil.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s