Bagaimana seharusnya cara kita berdoa?

Bacaan: Matius 6:5-15

Sering kali saat berdoa, kita memerlukan beberapa waktu untuk mengendalikan pikiran, pendengaran, dan  perasaan.  Maksud  hati  berdoa  tetapi  pikiran melayang-layang mengingat apa yang terjadi di pagi hari dan membayangkan apa yang akan terjadi hari esok  ditambah  lagi  telinga  yang  tiba-tiba  menjadi lebih tajam dalam mendengarkan apa yang terjadi di sekeliling. Sikap doa yang seperti ini pasti tidak akan berguna kecuali hanya sebagai bentuk pembuktian pada orang lain bahwa saya orang yang taat. Tuhan Yesus mengerti hal itu, sebab itu firman Tuhan memberi tuntunan dalam berdoa:

1.            Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. (Matius 6:6). Sebab di dalam ruang tertutup kita terisolasi dari keadaan sekitar supaya kita lebih fokus kepada Tuhan.

2.            Sebab  Tuhan   adalah   Roh   maka   setiap orang  yang  menyembah  Tuhan  haruslah ia menyembah dalam Roh dan kebenaran (Yohanes 4:24)

3.            Maka setiap yang menyembah dalam Roh dan kebenaran akan hidup oleh iman. (Galatia 3:11)

4.            Setiap orang yang beriman kepada Tuhan akan diperhitungkan sebagai kebenaran. (Kejadian 15:6)

5.            Doa  orang  benar  sangat  besar  kuasanya. (Yakobus 5:16b).

Banyak mukjizat kesembuhan terjadi saat doa yang benar dan bersungguh-sungguh di- ucapkan oleh orang-orang benar, di mana pada setiap orang-orang benar, Roh Tuhan ada dan tinggal bersamannya. Sebab itu bila Anda berdoa, hasilkan sebuah doa yang berkwalitas yang punya dampak, bukan sebuah doa yang berkwantitas banyak dan panjang tapi tidak berguna.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s