Penghapus milik Tuhan

Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu — Yesaya 43:25

Ketika   menemani   dan   mengajari  keponakan saya belajar, saya hanya memerlukan sebuah penghapus. Sementara, keponakan saya memegang pensil untuk menuliskan jawaban dan lembaran soal untuk dikerjakan. Bagi saya soal-soal yang akan dikerjakan itu begitu mudahnya. Hanya dengan sepemandangan mata saja saya sudah dapat menjawab semuanya tanpa harus berpikir. Tetapi bagi keponakan saya, soal-soal tersebut sangat rumit sehingga dia memerlukan konsentrasi dan waktu untuk menyelesaikannya. Dalam proses mengerjakan soal, saya beberapa kali harus mengoreksi karena kesalahan dan menghapusnya supaya anak saya dapat menuliskan jawaban yang benar.

Demikian juga Tuhan kita. Bagi Dia tidak ada yang sulit, Dia tahu jawabannya bahkan sebelum persoalannya muncul. Sementara manusia sebagai operator kehidupan diberiNya kuasa untuk men- jalankannya secara penuh, dan tentunya kita tahu bahwa kehidupan akan disebut hidup apabila ada persoalan untuk kita taklukkan. Tetapi terlalu sering dalam  menangani  persoalan  terkadang  kita  terlalu mengandalkan kekuatan sendiri dan sering kali kita melenceng dari jalan Tuhan dan saat-saat itulah dengan kasihNya yang terlampau besar untuk dibayangkan, Tuhan menghapus semua pelanggaran kita. Bahkan karena kasihNya juga, Tuhan  tidak  mempersoalkan  seberapa  banyak Dia harus menghapus pelanggaran dan dosa kita supaya kita benar di hadapanNya.

Dan  bila  kita  benar  di  hadapan  Tuhan dalam kebenaran yang diperhitungkan Tuhan sendiri, maka sebagaimana hidup Abraham (yang berkelimpahan berkat dan pengharapan saat Tuhan memperhitungkan apa yang dikerjakan Abraham  sebagai  kebenaran),  demikian  pula apa saja yang kita kerjakan akan diberkati Tuhan untuk selalu berhasil dan beruntung. Dan Tuhan akan memberikan pengharapan yang selalu baru yaitu firman Tuhan yang tidak pernah sia-sia sebagai pelita dan terang yang akan menuntun kehidupan kita.

 

Leave a Reply

