Kompas hidup anda

Bacaan: Mazmur 91

Pada waktu bangsa Israel berjalan untuk masuk ke Tanah Perjanjian, mereka tidak memiliki petunjukapa pun. Mereka baru saja diizinkan Firaun keluar dari tanah Mesir setelah mengalami perbudakan selama 430  tahun.  Sebagai  bekas  bangsa  budak  tentunya mereka  memiliki  pendidikan  yang  sangat  rendah untuk  mengenal  peradaban  dan  peralatan  seperti kompas atau penunjuk jalan. Tetapi awan kemuliaan Tuhan turun melingkupi mereka dan mereka dengan setia  mengandalkan  awan  kemuliaan  Tuhan  yang menuntun  mereka  sebagai  tiang  awan  di  waktu siang dan tiang api di waktu malam. Dan simaklah seluruh Kitab Keluaran, Bilangan, Imamat, sampai Kitab Yosua. Di bawah tuntunan awan kemuliaan Tuhan, tidak satu pun dari 3 juta orang mengalami kekurangan, semua kebutuhan mereka dicukupkan bahkan pakaian, kasut/sandal yang mereka pakai tidak koyak walaupun harus berjalan selama 40 tahun.

Perjalanan kita di dunia ini mirip dengan per- jalanan  bangsa  Israel  menuju  Tanah  Perjanjian. Sebagai manusia, kita tidak dapat mengetahui apa   yang   akan   terjadi   di   kehidupan   kita walaupun itu hanya 1 detik ke depan. Sebab itu, kita memerlukan panduan atau pedoman untuk masuk menuju tujuan hidup kita dan panduan itu tidaklah berbeda dari zaman Perjanjian Lama yaitu awan kemuliaan Tuhan sebagai bukti hadirnya hadirat Tuhan.

Karakter hadirat Tuhan tidaklah berbeda dari dulu, sekarang dan selamanya, Dia memelihara, melindungi, mencukupi, memberi kelimpahan, memberi damai sejahtera, memberi sukacita, mengubah perkara supranatural menjadi perkara natural. Firman Tuhan itu menjamin bahwa apabila kita mau bernaung di bawah naungan (awan  kemuliaan)  yang  maha  tinggi,  maka kita akan mendapatkan segala apa yang kita perlukan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s