Kepada siapa anda meletakkan pengharapan anda?

Bacaan: Roma 8:18-30

Ada  dua  sumber  kehidupan  dalam  kehidupan manusia:   yang   pertama   adalah   orang   yang menempatkan  kehidupan  pada  kekuatan  sendiri (pikiran), yang kedua adalah orang yang menempatkan Tuhan Yesus sebagai sumber kehidupan dan menjadikan Tuhan berdaulat penuh dalam hidupnya.

Mari kita perhatikan keadaan dunia saat ini, keguncangan finasial tahun 2008 dalam skala luas menyebabkan kebangkrutan banyak perusahaan raksasa di berbagai negara bahkan menimbulkan krisis kepercayaan. Bahkan negara-negara yang dipandang kuat  seperti Timur Tengah  dan  Jepang  pun  tidak kuat menghadapi krisis finansial. Belum lagi masalah gempa di berbagai kota. Kalau kita menempatkan sumber kehidupan kita pada kekuatan sendiri (pikiran), maka kita akan memiliki paradigma yang salah dalam kehidupan ini sebab pikiran kita akan mengkonsumsi apa yang dilihat. Dan apa yang dilihat akan mendatangkan kekhawatiran dan ketakutan yang akan membuat kehidupan kita berputar-putar tanpa arah.

Mari kita perhatikan apa yang dikatakan tentang kehidupan dalam Alkitab: bahwa Tuhan memiliki rancangan kesejahteraan untuk Anda yang mau percaya dan akan memberikan masa depan yang penuh dengan pengharapan. Untuk itu Tuhan akan turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan   (Roma   8:28).   Janji   tersebut   tidak akan mungkin dipahami oleh kekuatan pikiran manusia sebab pikiran manusia akan menganggap janji Tuhan itu tidak masuk akal.

Semua janji Tuhan tersebut hanya dapat dimengerti dengan pikiran Kristus yang timbul karena kita mengundang Tuhan Yesus untuk hadir dalam kehidupan kita untuk menjadi Tuhan dan Raja yang berdaulat penuh. Melalui pendengaran firman Tuhan, kita dapat mengerti akan janji- janjiNya    dan    kemudian    menempatkanNya di dalam hati untuk direnungkan supaya kita mendapatkan pemahaman akan kasih Tuhan yang akan membangkitkan iman kepada Tuhan secara total dan sepenuhnya. Dengan demikian Tuhan sendiri yang akan menuntun perjalanan hidup kita.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s