Allah yang setia

Bacaan: Ibrani 6:9-20

Sebuah   perjanjian   antara   pihak-pihak   dibuat berdasarkan  sesuatu  yang  belum  terjadi,  tetapi akan terjadi pada waktu yang dijanjikan dan sifat perjanjian  adalah  mengikatkan  semua  pihak  yang berjanji untuk menepati dan apabila ada salah satu pihak dari yang terikat itu gagal berjanji maka akan dikenakan sanksi. Sering kali walaupun sudah terikat dalam perjanjian, manusia berusaha mengelak dari perjanjian  dengan  melakukan  banyak  trik  supaya dapat ingkar janji tapi tidak mau kena sanksi.

Menurut manusia, perjanjian yang diikatkan oleh Tuhan itu memiliki “kelemahan” sebab perjanjian ini tidak memiliki waktu jatuh tempo. Dengan alasan itu maka sangat sering manusia menyalahkan Tuhan dan menuduh bahwa Tuhan ingkar janji. Namun, perhatikan juga kebesaran dan kuasa yang terdapat di dalam perjanjian yang diikatkan oleh Tuhan, bahwa perjanjian itu walaupun tidak memiliki waktu tetapi perjanjian itu dibuat dan diikatkan atas namaNya sendiri,  sebab  tidak  ada  lagi  yang  lebih  besar dan tinggi daripada Tuhan, “Sebab ketika Allah memberikan janji-Nya kepada Abraham, Ia bersumpah  demi  diri-Nya  sendiri,  karena  tidak ada  orang  yang  lebih  tinggi  dari  pada-Nya,” (Ibrani 6:13). Seharusnya hal ini membuat kita percaya bahwa perjanjian Tuhan dengan manusia itu diinisiasikan oleh Tuhan sebagai sebuah perjanjian kasih dan diberikan dengan kenyataan bahwa manusia tidak dalam posisi untuk layak menerimanya.

Sudah sewajarnyalah bahwa manusia tidak mempertanyakan keabsahannya dan menerima anugerah kasih dalam perjanjian yang kekal dan sah supaya kita dapat mengalami penggenapan janji itu bukan hanya menerimanya saja.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s