Akil baliq

Bacaan: Galatia 4:1-7

Sebelum diselamatkan kita adalah seorang hamba. Kita  bekerja  untuk  mendapat  upah.  Namun sekalipun kita bekerja seumur hidup, kita tetap menjadi hamba  dan  bukan  anak.  Hamba  akan  menerima upah selama-lamanya namun dia tidak akan pernah mendapat status sebagai anak dan menjadi ahli waris dari keluarga itu.

Namun di dalam Kristus, kasih karunia di- curahkan   kepada   kita,   kita   diadopsi   ke   dalam keluarga Allah. Bukan dengan pekerjaan kita, tidak dengan  membeli  atau  memenangkannya,  namun itu  adalah  sesuatu  yang  Allah  lakukan  bagi  kita. Ia menanggalkan status kita sebagai hamba, dan mengangkat kita sebagai anak dan menjadi ahli waris Kerajaan BAPA. Tapi tidak semua anak ‘begitu saja’ langsung mendapatkan warisan ketika dia percaya. Kecuali mengenai keselamatan, karena keselamatan adalah anugerah yang langsung kita terima begitu kita bertobat.

Anak tetap mempunyai hak, tetapi hak itu di- berikan ketika kita menjadi dewasa dalam Tuhan, atau  disebut  ‘akil-baliq’.  Akil  baliq  adalah  prinsip yang  dipakai  untuk  menerangkan  pengertian ‘anak Allah’ dengan benar.

Kata ‘anak Allah’ dalam bahasa aslinya ditulis dengan 2 kata yang berbeda, yaitu: ‘Teknon’ dan ‘Huios’. ‘Teknon’ artinya anak yang belum akil baliq atau belum dewasa. Pengertiannya sama seperti bayi yang baru lahir, dia belum bisa ditanya nama dan belum terlihat karakternya. Ciri ‘Teknon’ ialah: masih labil (kehidupan rohani yang naik-turun), melakukan segala sesuatu jika ada perintah yang dipaksakan atau bisa dikatakan belum bertanggung jawab. Mentalitasnya lebih suka menerima daripada memberi.

‘Huios’ adalah kata yang dipakai untuk anak Allah yang berarti putera/anak yang dewasa/ bertanggung jawab. Orang percaya ‘Huios’ adalah orang yang memperlihatkan karakter ‘Bapa’nya, yaitu karakter Allah sendiri. Seorang ‘Huios’ ialah seorang yang dewasa dalam perkataan, perasaan, pengertian dan cara berpikir.

2 thoughts on “Akil baliq”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s