Syarat untuk masuk ke tanah perjanjian

Bacaan: Keluaran 23:20-26

Bangsa Israel telah dilepaskan oleh tangan Tuhan yang ajaib dari perbudakan Mesir yang telah menghimpit mereka selama 430 tahun—suatu periode tekanan yang hebat yang menyebabkan bangsa Israel berada dalam kebodohan total dan periode itu dikenal sebagai salah satu  periode  kelam  dalam  perjalanan  sejarah  bangsa Israel.  Dalam  ketidakmampuan  dan  dalam  beratnya tekanan maka bangsa Israel berseru kepada Tuhan.

Seru doa bangsa Israel sampai ke telinga Tuhan dan sebagai Tuhan pembela dan pelindung Israel, Tuhan sendiri yang menuntun dan mengiring bangsa Israel untuk masuk ke Tanah Perjanjian yang dijanjikan. Namun supaya setiap penyertaan Tuhan itu dapat bekerja maksimal dalam membela dan melindungi, maka Tuhan menetapkan syarat seperti yang tertulis dalam firman:

1.            Memperhatikan dan mendengar firman Tuhan

2.            Patuh,  taat  dan  tidak  memberontak  terhadap firman Tuhan

Kalau sampai hari ini kita belum masuk ke Tanah Perjanjian (belum menerima apa yang kita doakan), pada hari ini juga firman Tuhan berkata: rendahkan hatimu,  dalam  penyerahan  sepenuhnya  kepada Tuhan, dengarkan firman Tuhan, patuh dan taat melakukan firman Tuhan. Sebab firman Tuhan itu adalah jalan, kebenaran dan kehidupan dan apabila kita  mendengarkan  firman  Tuhan  maka  Tuhan menjamin  bahwa  kita  pasti  akan  mendapatkan jalan  keluar,  mendapatkan  kebenaran  yang  memerdekakan  dan  mendapatkan  kehidupan  yang penuh damai sejahtera dan sukacita.

Namun, karena firman Tuhan itu adalah perkara supranatural, sangat sering firman Tuhan bertentangan dengan pikiran /akal manusia sehingga sangat sedikit orang yang mau melakukannya bahkan terlalu sering orang memberontak terhadap firman Tuhan. Ketahuilah bahwa apabila manusia memberontak terhadap firman Tuhan itu berarti sama dengan menentang Tuhan dan sebagai akibatnya apa pun yang dilakukan pasti akan menemui jalan buntu, kepalsuan dan kematian.

 

One thought on “Syarat untuk masuk ke tanah perjanjian”

  1. memang terlalu banyak hal yg bisa membuat hati kita jadi keras, saya bersyukur saya mempercayai Yesus bahkan dalam setiap tarikan nafas saya,DIA yg adalah sumber kasih

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s