Jangan sekali-kali mendukakan Roh Kudus

Bacaan: Kisah Para Rasul 1:16-20

Pernahkan Anda mendengar firman Tuhan yang berkata bahwa barang siapa yang mendukakan Roh Kudus tidak dapat diampuni dan dia akan binasa? Yudas Iskariot adalah contoh salah satu orang yang telah mendukakan Roh Kudus. Yudas adalah murid Tuhan Yesus yang bergaul dalam lingkungan Tuhan. Yudas percaya pada Tuhan dan Tuhan Yesus mengasihi dia, maka sesuai dengan firman Tuhan ada Roh Tuhan yang tinggal bersama dengan dia yang memampukan dia mengenal Yesus sebagai Tuhan. Namun karena rencana penyelamatan Tuhan harus digenapi maka Yudas masuk dalam perangkap iblis dan dia menjual Yesus untuk 30 keping perak. Yudas bersalah pada Roh Kudus dan Roh Tuhan meninggalkannya. Akibatnya, begitu Roh Tuhan pergi dari Yudas maka roh jahat mulai mendera, mendakwa dan membuat Yudas merasa sangat bersalah dan Yudas mencari kematian sebagai jalan keluar, Yudas akhirnya mati tragis.

Kisah ini menceritakan dan sekaligus mem­buktikan  bahwa  mendukakan  Roh  Kudus  adalah dosa yang paling serius dan tidak dapat diampuni. Seperti yang dikatakan Tuhan Yesus dalam Matius 12 :31, “Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.” Saat Roh Kudus pergi, otomatis iblis akan segera hadir menghukum manusia bahkan membunuh tubuh, jiwa dan roh manusia dalam kebinasaan kekal.

Dosa yang mendukakan Roh Kudus bukanlah seperti membunuh, mencuri, berzina, berdusta, namun  adalah  dosa  seperti  yang  dilakukan Yudas,  yang  mengenal  Tuhan,  mendapatkan kasih Tuhan, hidup dalam dalam pemeliharaan Tuhan, tetapi pada akhirnya menolak dan mempertanyakan bahkan menyangkal Tuhan dan keberadaanNya. Penghukuman yang datang pada Yudas bukan karena Tuhan mendatangkan api dari langit melainkan karena perbuatan iblis yang mengintip celah, menantikan kesempatan dan mengaum­aum bagaikan singa dan segera secepat kilat menerkam saat Roh Tuhan meninggalkan Yudas. Dalam keadaan tanpa Roh Tuhan, iblis bekerja secara leluasa untuk membunuh manusia dalam kematian kekal.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s