Apa mimpi anda?

Bacaan: Habakuk 2:1-5

Sebuah  mimpi  adalah  sesuatu  hal  yang  belum terjadi saat ini. Terkadang mimpi tersebut dapat menceritakan  sesuatu  yang  sangat  besar  sehingga orang­orang berkata, “Oh itu hanya mimpi.” Sebab itu  kebanyakan  dari  kita  gagal  mencapai  mimpi, karena kita menganggap mimpi itu terlalu besar dan terlalu jauh sehingga kurang mempunyai iman atau kurang berusaha untuk merealisasikannya.

Tetapi tahukah Anda bahwa dalam banyak hal Tuhan berbicara melalui mimpi? Alkitab mencatat, Yusuf mendapat mimpi bahwa dia akan menjadi raja muda yang kepadanya semua saudara­saudaranya akan sujud menyembah. Alkitab juga mencatat dengan baik bahwa Yusuf memercayai dan mengenal mimpi yang diberikan Tuhan kepadanya walaupun untuk mencapai mimpinya tersebut, Yusuf harus melewati perjalanan hidup penuh sengsara yang sangat berbeda dengan mimpi tersebut. Setelah 13 tahun kemudian Yusuf baru mengalami mimpinya menjadi kenyataan. Terhadap rencana Tuhan tersebut, Yusuf mengambil sikap  percaya  tanpa  ragu  dan  menantikan  mimpi yang diberikan Tuhan dengan sabar dan setia.

Memang tidak semua mimpi berasal dari Tuhan  sebab  ada  banyak  mimpi  yang  ber­ asal dari keinginan jiwa/ pikiran yang tidak kesampaian. Tetapi dalam banyak perkara Tuhan menggunakan mimpi untuk berbicara dan Tuhan juga memberikan Roh Kudus untuk membedakan mimpi yang tidak benar atau mimpi yang dari Tuhan. Jika sebuah mimpi merupakan jalan Tuhan berbicara, maka Dia akan memberikannya dalam rangkaian cerita yang teratur dan ditegaskan berulang­ulang.

Tetapi ketahuilah bahwa Tuhan tidak meng­ hendaki kita untuk berpangku tangan dan tidur supaya kita mendapatkan mimpi dan berdiam diri menunggu. Tuhan menggenapinya tetapi Tuhan menginginkan kita seperti Yusuf yang terus bekerja bersama Tuhan menjalani kehidupannya walaupun untuk dapat mewujudkan mimpi/ tujuan hidup tersebut mereka harus menjalani penderitaan dan sengsara untuk mendatangkan ketekunan dan ketabahan.

3 thoughts on “Apa mimpi anda?”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s