Jangan beri celah

Bacaan: I Yohanes 1:5-10

Eceng gondok atau enceng gondok (Latin:Eichhornia crassipes)  adalah  salah  satu  jenis  tumbuhan  air mengapung. Eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya.

Ternyata ada banyak kesamaan antara dosa dan tanaman eceng gondok ini, yaitu:

1. Kedua­duanya memiliki kesamaan apabila dia diberi kesempatan tumbuh maka kedua­duanya akan berkembang cepat untuk menguasai sehingga menjadi sulit untuk diatasi.

2.  Kedua­duanya  berdampak  buruk  sebab mereka menghalangi pasokan bahan penting. Kalau eceng gondok menghalangi pasokan oksigen bagi lingkungannya,  maka  dosa  pun  menghalangi  berkat dan nutrisi rohani sehingga mereka yang berada dalam ikatan dosa menjadi tidak sehat, kering dan akhirnya mengalami kematian rohani secara pelan­pelan.

3. Kedua­duanya menyebabkan stagnasi dan pendangkalan. Air sungai yang dikuasai oleh eceng gondok akan sulit mengalir dan bergerak akibatnya terjadi kemadekan total sehingga air menjadi air mati. Air akan disebut hidup dan menyegarkan apabila air tersebut terus mengalir dan bergerak. Demikian juga dosa. Saat dosa menguasai manusia, ia akan melilit dengan tidak akan melepaskannya sehingga manusia tidak mampu bergerak dan akhirnya menjadi mati rohani. Keadaan mati rohani akan memampukan iblis menyeret manusia masuk dalam kematian kekal.

Jangan  biarkan  celah  hidup  kita  terbuka untuk dosa yang terlihat manis, karena begitu celah terbuka, dosa akan cepat berkembang, berantai, mengikat dan tidak akan lepas. Hanya darah Yesus yang memiliki kuasa untuk mematahkan ikatan dosa, memampukan kita untuk meninggalkan segala  perbuatan  dosa,  dan  membersihkannya. Oleh sebab itu jika kita sedang terikat oleh dosa, datanglah kepada Yesus, karena jika kita mengaku dosa kita, Dia adalah Allah yang setia yang akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s