Apakah anda menjaga lidah anda dengan baik?

Bacaan: Yakobus 3:1-12

Menjaga  lidah  dan  perkataan  adalah  sangat penting  sebab  lidah  dapat  bertindak  lebih kejam dari perbuatan dan bahkan menusuk sampai ke dalam hati dan sangat sulit untuk dilupakan dan dimaafkan.

Mungkin Anda pernah dimarahi oleh orangtua, atasan Anda, pelanggan Anda, istri/suami Anda dengan kata-kata yang tajam dan pedas. Perkataan yang tajam dan pedas tadi akan sulit dilupakan bahkan mungkin akan terus terngiang-ngiang di telinga dan pikiran kita, dan menjadikannya sebagai sebuah kaset rekaman yang terus diputar ulang. Kalau tidak dipatahkan dan dibatalkan oleh kasih Kristus, hati kita akan merancang dendam dan hidup kita akan suram karena kemuliaan Tuhan pergi dari kita.

Sebab  itu  firman Tuhan  mengajarkan  supaya kita berhati-hati dengan lidah dan perkataan kita dan mengekangnya dengan kebenaran firman Tuhan yang tertanam dalam hati dan direnungkan. Karena apa yang diucapkan mulut meluap dari dalam hati. Kalau hati kita baik dan penuh dengan kebenaran firman Tuhan, maka kita tidak akan mudah berkata-kata dengan sembarangan. Artinya kita akan banyak mempertimbangkannya sebelum kata-kata tersebut diucapkan oleh mulut kita dan mempertanggungjawabkannya setelah diucapkan sebab perkataan yang keluar dari mulut kita tidak dapat lagi dibatalkan.

Ingatlah bahwa Tuhan menciptakan langit bumi dan segala isinya dengan perkataan firman. Sebab  itu  bila  kita  menggunakan  mulut  dan lidah kita untuk memperkatakan kebenaran firman Tuhan  saja,  maka  dari  perkataan  kita akan terdapat kuasa penciptaan yang sama untuk menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada, meneguhkan yang lemah, mengangkat yang jatuh, menyembuhkan yang sakit, menghiburkan yang terluka.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s