Siapakah Aku ini?

Bacaan: Matius 16:13-20

Semua orang di Indonesia pasti tahu Presiden SBY, tapi tidak semua orang di Indonesia mengenal Presiden SBY secara pribadi. Tahu presiden saja tidak cukup karena itu mungkin hanya bermanfaat untuk membuktikan bahwa kita adalah orang Indonesia. Tetapi jika kita mengenal SBY secara pribadi, banyak sekali  manfaat  yang  dapat  diperoleh.  Kehormatan sebagai sahabat presiden akan dengan sendirinya ada pada kita lengkap dengan segala macam kemudahan dan hak istimewanya.

Suatu saat Tuhan Yesus bertanya kepada murid- muridNya untuk mengetahui sejauh mana mereka mengenal Pribadi yang sudah 3 tahun lebih bergaul dengan mereka. Dari jawaban murid-muridNya, kita dapat mengenal sedalam mana pengenalan mereka. Tuhan Yesus bertanya, “Menurutmu siapakah Aku?” Ada yang menjawab Engkau adalah Elia, Engkau adalah Yohanes Pembabtis, atau salah satu nabi. Ternyata tidak semua dari mereka mengenal Yesus secara pribadi dan mereka hanya mengenal sisi manusia Tuhan Yesus, dan bukan sisi Roh Tuhan Yesus.

Namun Roh Kudus menyatakan siapa sisi ke-Tuhan-an Yesus sesungguhnya kepada Petrus, salah satu dari kedua belas murid Yesus. Petrus berkata, “Tuhan, Engkaulah Mesias Anak Allah yang hidup.” Apa kata Tuhan Yesus kepada Petrus? “Berbahagialah engkau Simon Bin Yunus sebab bukanlah manusia yang mengungkapkan tetapi Roh kudus yang menyatakanNya kepadamu.” Perhatikan selanjutnya terjadi perubahan drastis, Tuhan Yesus mengubah nama Simon yang berati ilalang menjadi Petrus yang berati Petra “batu karang”. Selain mengubah Petrus, Dia juga memberikan urapan kuasa kepada Petrus dengan berkata bahwa apa saja yang kau ikat di bumi akan terikat di surga dan apa yang kau lepas di bumi akan terlepas di surga.

Kenalilah Yesus Kristus sebagai Juruselamat, Tuhan dan Raja yang memerintah serta berdaulat penuh dalam hidup, keluarga, pekerjaan kita maka segala perlengkapan kuasa, kasih karunia di bumi dan di surga akan dikaruniakan kepada kita sehingga tidak ada perkara-perkara yang terlalu sulit untuk kita hadapi.

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s