Dengarkan suara Tuhan

Bacaan: I Samuel 3:1-21

Samuel, karena nazar dari ibunya, sejak kecil sudah dipersembahkan kepada Tuhan dan hidup di Bait Suci  (1  Samuel  1:11).  Namun  walaupun  Samuel hidup setiap hari di Bait Suci, tetapi Samuel belum mengenal Tuhan secara pribadi. Sebab itu saat Tuhan memanggil Samuel untuk pertama kalinya, Samuel tidak peka dan tidak tahu bahwa itu suara Tuhan. Tuhan perlu berbicara 3 kali sampai Samuel sadar bahwa Tuhan sedang berbicara kepadanya.

Sering kali kita juga bertindak seperti Samuel. Kita sudah lama menjadi pengikut Kristus tapi kita hanya mengikut dan tidak mengenal Kristus secara pribadi. Karenanya saat Tuhan ingin berbicara kepada kita, kita tidak mengenal suaraNya, sampai-sampai Tuhan harus berbicara berkali-kali dan mungkin juga dengan volume yang diperbesar yang dapat berupa dan melalui padang gurun persoalan.

Mengenal suara Tuhan itu sangatlah penting. Maka hendaklah kita memiliki kepekaan terhadap suara Tuhan. Firman Tuhan dalam I Korintus 2:10 mengajarkan agar kita bersatu dengan Pribadi Tuhan sebab hanya dengan bersatu dengan Pribadi Tuhan kita mampu mengenal PribadiNya. Siapakah yang mampu mengenal Pribadi Tuhan kalau bukan Tuhan sendiri yang menyatakan diriNya melalui Roh Tuhan sendiri?

Membaca firman Tuhan, merenungkan dan melakukanNya adalah salah satu cara agar kita mampu mengenal pribadi Tuhan sehingga pada saat Tuhan berbicara, kita memiliki kepekaan untuk mengenalNya. Apabila kita sudah me- ngenal Tuhan, maka ketahuilah akan banyak hal- hal yang di luar apa yang kita pernah pikirkan sedang dikerjakan Tuhan atas diri kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s