Memberi dengan sukacita

Bacaan: Matius 6:1-4

Sebuah persembahan apa pun bentuknya akan dapat menyenangkan  hati  penerimanya  kala  disertai dengan motif yang benar dari yang memberikannya. Dari sini kita belajar bahwa ada banyak motif dari sebuah pemberian yang berbeda satu dari yang lain.

Di dalam dunia adalah wajar kalau sebuah pemberiaan selalu disertai dengan beraneka ragam motif. Ada yang memberi karena mempunyai motif supaya dikenal, dipuji orang, ada pula yang memberi supaya mendapat balasan yang lebih besar, tidak sedikit yang memberi supaya punya hubungan yang lebih dekat. Pemberian seperti ini, pada akhirnya tidak akan mendatangkan keberhasilan sebab selalu mendatangkan hubungan timbal balik yang negatif dan saling menuntut.

Tetapi tentang pemberian dan memberi, Tuhan Yesus mengajarkan melalui firmanNya dalam Matius 6:3 bahwa apabila kita memberi hendaklah dilakukan dengan motif yang benar artinya janganlah dilakukan supaya diketahui oleh orang lain ataupun agar dipuji orang, tetapi hendaklah kita memberi dengan hati yang tulus dan tersembunyi tanpa meminta imbalan apa pun. Sebab orang yang menerima pemberian tersebut akan mengucapkan syukur kepada Tuhan dan Tuhan yang berada di tempat tersembunyi akan memberkati kita dengan limpahnya.

Setiap pemberiaan kepada Tuhan dan sesama yang dilakukan dengan tulus dan yang terbaik bukan dari yang tersisa, serta dilakukan dengan motif kasih yang benar akan mendatangkan berkat Tuhan yang berkelimpahan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s