Jadilah pribadi yang berbeda

Bacaan: Daniel 6:7-12

Roh Tuhan adalah Roh yang kudus, Dia membedakan seseorang dari yang lain. Kudus dalam bahasa aslinya “kados” yang berarti dipisahkan. Dipisahkan bukan untuk dibuat anti sosial tetapi dipisahkan untuk “menggarami”/ memberikan  pengaruh  yang  baik  supaya  nama Tuhan (yang memisahkan/mengkuduskan) dipermuliakan. Sebab  itu Tuhan  yang  memisahkan  dan menguduskan akan mengurapi, memberikan perlengkapan kuasa Roh supaya kita yang dikuduskan akan memiliki sikap yang berbeda  dari  yang  lain  pada  saat  menghadapi  segala macam situasi.

Mari kita melihat apa yang membedakan orang yang memiliki Roh Tuhan di dalam hatinya:

1. Rindu  bertemu/bergaul  dengan Tuhan  dan  hidup dalam kekudusan.

Tidak ada yang dapat menghalangi kerinduan Daniel untuk bergaul dengan Tuhan walaupun dia dilarang dengan ancaman hukuman mati oleh raja Nebukadnezar. Lebih baik satu hari di pelataranMu daripada seribu hari di tempat lain.

2. Memiliki   hati  yang   peka   mendengar   dan  taat melakukan, walaupun terkadang perintah Tuhan terdengar di luar akal.

Musa membelah Laut Merah hanya dengan pukulan tongkat. Yosua meruntuhkan tembok Yeriko hanya dengan mengelilingi 7 kali selama 7 hari. Walaupun kelihatannya mustahil, namun Musa dan Yosua taat melakukannya.

3. Tidak khawatir.

Bahwa Tuhan selalu bersama dengan kita maka kita memutuskan  untuk  tidak khawatir  akan hari esok sebab kasih Tuhan yang mencukupkan adalah baru setiap hari.

4. Bersukacita,   berdoa   dan   mengucap   syukur senantiasa.

Persoalan dunia boleh datang silih berganti tetapi kita yang bersama dengan Tuhan akan memberikan reaksi yang berbeda.

Dengan  Roh Tuhan  yang  berada  dan tinggal di dalam kita maka orang lain akan mengenal kita dan berkata bahwa kita mampu sebab kita adalah milik Tuhan yang akan diproklamirkan sebagai anak- anak Tuhan yang dicari dunia sebab ada Roh Tuhan bersama dengan kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s