Warisan apa yang anda turunkan?

Bacaan: Kejadian 27:1-40

Tahukah Anda bahwa dosa itu dapat menurun kepada keturunan  selanjutnya?  Perhatikan  dalam  Kitab Kejadian 12:11-13, berbohong adalah dosa pertama yang dibuat Abraham saat dia berada dalam ketakutan sehingga Abraham  menjadi  lupa  bahwa  Tuhan  telah  berjanji untuk  melindungi  Abraham  dan  memberkatinya  ke mana pun dia pergi. Ketakutan membuat dia berbohong pada raja Mesir dan bersandiwara bahwa Sarah adalah adiknya untuk meyakinkan Firaun. Rupanya dosa kalau dilakukan berulang-ulang dapat menjadi kebiasaan, dan mempunyai pemikiran bahwa dosa dapat ditolerir. Pasal 20  dari  Kitab  Kejadian  mencatat:  dengan  cara  yang sama dilakukan lagi oleh Abraham dengan motif yang sama yaitu ketakutan.

Pada Kejadian 26:7 dikisahkan Ishak tinggal di tanah Filistin saat kelaparan sedang terjadi. Dosa yang sama (berbohong) yang pernah dilakukan Abraham menurun pada anaknya Ishak. Karena takut bangsa Filistin membunuhnya karena ingin mengambil istrinya yang cantik maka Ishak berbohong dan menjadi lupa akan janji Tuhan yang diucapkan dengan sumpah kepada ayahnya  Abraham  bahwa  Tuhan  akan  melindungi Abraham dan keturunannya dan memberkatinya ke mana pun dia pergi.

Dosa yang sama (berbohong) menurun juga pada Yakub, cucu Abraham. Yakub tidak hanya berbohong tetapi menipu ayahnya dan merampas berkat yang disediakan untuk kakaknya, Esau. Tuhan   menaruh   peduli   untuk   membersihkan hidup Yakub sekaligus mematahkan rantaian dosa ini  pada  keturunan  Abraham  sehingga  Yakub harus bergumul dengan malaikat untuk diubahkan menjadi manusia baru dengan karakter baru dan Tuhan mengantikan nama Yakub menjadi Israel.

Peristiwa ini mengingatkan kita untuk berhati- hati  dan  jangan  main-main  dengan  dosa,  sebab dosa akan cenderung menyebabkan orang yang melakukannya menjadi terbiasa bahkan jika tidak ditebus dengan pertobatan akan menurun pada keturunan kita turun-temurun sehingga dosa dapat menjadi sebuah gaya hidup yang ujungnya tetap membawa maut dan kematian kekal.

 

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s