Bila Roh Tuhan ada di dalam anda

Bacaan: Kejadian 41:37-57

Bila Roh Tuhan bekerja pada seseorang, maka Dia akan memberikan kepada yang dipilihNya segala karunia   yang   belum   pernah   ada,   sehinggga   akan membuat orang lain tercengang, takjub oleh perbuatan tangan Tuhan dan mempermuliakan nama Tuhan.

Dalam master plan Tuhan, Yusuf sudah ditetapkan sebagai raja muda dan tentunya sebagai seorang raja yang akan disembah orang banyak, oleh sebab itu Yusuf harus berada di sebuah kerajaan yang berdaulat penuh dan kerajaan yang berdaulat waktu itu hanya ada di Mesir. Di negara ini, dimulailah perjalanan hidup Yusuf menuju penggenapan janji Tuhan. Di Mesir ini Yusuf diproses melalui gunung-gunung persoalan yang seolah- olah terbalik dan jauh dari apa yang pernah dijanjikan Tuhan.

Melalui perjalanan hidup yang rumit dan sulit, Yusuf pun harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Dia belajar bahasa dan budaya Mesir selama 13 tahun dari lingkungan yang paling sulit yaitu di perbudakan dan di penjara, namun uniknya proses ‘belajar dan adaptasi Yusuf ’ terjadi justru di penjara raja yang berisi orang- orang kerajaan yang berpendidikan dan bukan di penjara penjahat yang kasar dan tidak beradab. Sesuatu yang luar biasa adalah bahwa Yusuf seorang pribadi yang  memiliki  Roh  Tuhan  yang  memampukan dia menanggung gunung persoalan dengan setia dengan selalu mengucap syukur dalam takut akan Tuhan. Hal-hal yang positif ini menghasilkan sebuah kesetiaan, ketekunan dan ketaatan yang absolute sehingga Roh Tuhan bertambah-tambah dalam hidupnya dan memberikan hikmat yang khusus untuk mengerti dan mengartikan mimpi, suatu karunia khusus dan unik yang tidak dimiliki semua orang berilmu di sebuah negara berdaulat. Dan Tuhan melalui Firaun meneguhkan Yusuf menjadi raja muda yang berkuasa penuh di negara yang berdaulat.

Miliki Roh Tuhan yang membuat kita takut dan hormat akan Tuhan. Roh Tuhan akan pasti memberikan hikmat bijaksana yang memampukan kita berbeda dari yang lain sebab di dalam Tuhan selalu ada cara dan jalan keluar dan tidak ada perkara yang terlalu sulit bagi Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s