NATAL BERARTI MEMBERIKAN YANG TERBAIK BAGI YESUS

Dalam merayakan Natal kita berusaha untuk memberikan sesuatu yang terbaik kepada keluarga, sahabat dan siapa saja yang kita kenal; atau yang bertalian dengan usaha dan pekerjaan kita; atau mungkin kita membuat acara perayaan Natal yang fantastis dengan biaya yang fantastis. Tetapi pernahkah terlintas dalam hati dan pikiran kita; “Apakah yang terbaik yang dapat saya persembahkan bagi Tuhan Yesus Kristus?” Di dalam Injil Lukas 1:26-38 kita bisa melihat bahwa pada saat kelahiran Yesus Kristus di dunia ini mereka mau memberikan yang terbaik bagi Dia.

MARIA MENANGGUNG RESIKO KARENA MENGANDUNG BAYI YESUS

Situasi pada zaman dulu sangat berbeda dengan zaman sekarang. Pada masa itu jika ada seorang wanita yang hamil sebelum menikah; hukumannya berat yaitu dirajam dengan batu. Berbeda dengan zaman sekarang, seorang wanita yang hamil sebelum menikah itu sudah tidak aneh lagi, bahkan tidak terlalu jadi masalah. Yang penting setelah itu mereka menikah; bahkan ada orang tua yang sengaja membiarkan anak perempuannya hamil supaya bisa dinikahkan oleh pria tertentu, benar – benar degradasi moral saat ini sudah sangat memprihatinkan. Maria harus menanggung resiko, kehilangan nyawanya dan menanggung aib serta masa depan yang hancur. Sikap Maria yang bersedia menanggung resiko ini merupakan persembahan yang terbaik bagi Yesus.

YUSUF TERANCAM NAMA BAIKNYA

 Pada waktu itu Yusuf belum menikah dengan Maria, mereka baru bertunangan. Jika pada saat itu orang tahu Maria hamil sementara mereka belum menikah; selain Maria dihukum, nama baik Yusuf juga pasti akan hancur. Yusuf itu adalah keturunan orang-orang yang dihormati oleh bangsanya, Yusuf adalah keturunan dari Raja Daud. Bayangkan jika orang tahu bahwa tunangannya hamil; pasti itu akan menggemparkan dan akan mencoreng nama baik Yusuf, bahkan bisnisnya sebagai tukang kayu bisa terganggu. Namun sikap Yusuf yang mau menerima Maria sebagai istrinya dan tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan bayi yang diberi nama Yesus, sama artinya dengan mau menerima Yesus didalam kehidupannya. Sikap Yusuf ini merupakan pemberian yang terbaik bagi Yesus.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s