Menjadi orang pilihan

Bacaan: Lukas1:26-38

Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya” (Lukas2:19)  Ada sesuatu yang menarik dari ayat ini yang ditulis seputar peristiwa kelahiran Kristus, bahwa memang adalah sebuah kabar sukacita dan keselamatan yang luar biasa bagi manusia yang menantikanNya. Melalui malaikat Gabriel, Tuhan memberikan tayang- an yang jelas tentang peristiwa kelahiran, pelayanan, kematian dan kebangkitan Kristus sebagai Penebus umat manusia. Seorang ibu yang melahirkan anak dari Roh Kudus, membesarkan, melihat sendiri peristiwa penyiksaan kelewat batas, kematianNya yang “terkutuk” di atas kayu salib, tentu tidak semua ibu akan sanggup untuk menanggungnya. Maria adalah seorang ibu pilihan.

Bagi Maria setelah mendengar pesan dari malaikat Gabriel ini, mungkin ia merasa hidupnya akan mengalami pengalaman hidup yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya, Ia akan menjadi ibu Sang Mesias! Tapi  Maria  tahu  pasti  bahwa Tuhan  jauh lebih mengenal dirinya. Ia sungguh bersyukur bahwa hidupnya mendapat kehormatan dari Tuhan untuk dipakai menjadi alatNya, seperti katanya, “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Inilah penyerahan hidup yang total kepada Tuhan. Maria tidak pernah menyesali apa yang sudah Tuhan tetapkan untuk dia alami, sebaliknya dia menyimpan itu semua dalam hatinya.

Hari  ini  kita  mau  belajar  dari  sisi  hati Maria, seorang wanita yang tegar memikul tugas yang tidak ringan secara psikologi dan perasaan seorang ibu dengan melihat apa yang akan terjadi dengan anak yang lahir dari kandungannya. Maria memiliki hati yang peka mendengar, setia melakukan dan siap dipakai untuk sebuah tugas yang tidak ringan dalam karya penyelamatan Tuhan. Tuhan memerlukan orang-orang yang peka mendengar dan setia melakukan seperti Maria untuk melakukan tugasNya.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s