Apa yang anda doakan?

Bacaan: Matius 20:20-28

Kita semua sudah mengerti dengan iman bahwa melalui doa kita dimampukan untuk meminta apa saja dan dengan iman pula kita percaya bahwa Tuhan akan mendengar semua doa kita. Rasul Paulus berkata dalam I Korintus 6:12, bahwa dari semua yang diberikan/diizinkan kepada manusia itu tidak semua berguna, artinya Tuhan sedang membedakan arti sebuah kebutuhan dan keinginan.

Hari ini Tuhan mau mengajarkan melalui kisah ibu dari Yohanes dan Yakobus, bahwa ibu tersebut berkeinganan supaya kedua anaknya mendapat kedudukan tinggi di surga nantinya, yang seorang di sebelah kanan dan yang seorang di sebelah kiri. Tetapi Tuhan Yesus tahu bahwa itu hanya sebuah keinginan dan bukan kebutuhan penting sebab itu Tuhan Yesus menjawab, “Ibu, engkau tidak tahu apa yang engkau minta, tentang kedudukan di kerajaan surga itu sudah ditentukan oleh Bapaku yang di surga. Ketahuilah bahwa di surga, yang tinggi akan direndahkan dan yang rendah akan ditinggikan.”

Doa kita pun sangat sering seperti itu. Di dalam doa kita meminta banyak sekali keinginan, sedemikian banyaknya sehingga kita berdoa hanya di dalam daging dan keinginan serta tidak punya kesempatan untuk mengutarakan kasih dengan menyembah Dia di dalam Roh dan kebenaran. Jangan heran kalau Tuhan kemudian berkata: “Anak-Ku, engkau tidak tahu apa yang engkau minta.” Mungkin dari kita ada yang mengatakan bukankan firman Tuhan mengatakan di dalam Injil  Yohanes  15:7,  “Jikalau  kamu  tinggal  di dalam  Aku  dan  firman-Ku  tinggal  di  dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya”? Ayat ini seolah- olah saling bertentangan, memang Tuhan pasti akan  menjawab  semua  doa  dan  permintaan kita  apabila Tuhan  tinggal  di  dalam  kita  dan kita tinggal di dalam Dia, tetapi jika firman itu tinggal di dalam kita maka firman itulah yang akan menuntun dan mengarahkan kita dalam meminta agar kita mampu menghindari hal-hal yang tidak dinginkan Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s