Work hard vs work smart

Bacaan: Matius 20:1-16

Orang dunia mengatakan bahwa kehidupan yang mapan itu dimulai saat kita berusia 40 tahun. Namun  apabila  kita  belum  mendapatkan  apa-apa pada usia tersebut mungkin kita mulai risau, khawatir dan mulai menghitung waktu bahkan mulai berpikir mencari jalan pintas untuk segera mendapatkan kemakmuran  dan  apa  yang  menjadi  cita-cita tujuan hidup.

Fiman Tuhan hari ini mengajarkan bahwa hidup kita dengan segala macam keperluannya berada di tangan dan dalam pemeliharaan Tuhan. Diceritakan dalam perumpamaan tersebut bahwa Tuhan sudah mengatur dan menyediakan berkat untuk setiap kita yang bekerja dan melayani Tuhan. Kepada semua manusia di mana pun mereka berada, Tuhan sudah memberikan waktu yang sama yaitu 24 jam tidak lebih dan tidak kurang. Ada yang bekerja susah payah dari pagi sampai malam, banting tulang, peras keringat tetapi tidak mengenal apalagi percaya padaTuhan. Ada yang bekerja dengan hikmat, mempergunakan waktu dan kesempatan secara efisien dan maksimal dan terlebih mereka takut akan Tuhan. Tetapi yang bekerja dengan smart menerima hasil yang sama atau bahkan lebih besar dari yang kerja banting tulang dan peras keringat.

Mungkin  dari  kita  ada  yang  sudah berumur di atas 40 tahun namun belum juga mendapatkan apa yang dicita-citakan, firman Tuhan   berkata:   janganlah   khawatir,   karena berkat yang telah Tuhan sediakan bagi setiap kita sudah diatur waktu dan jumlahnya. Janganlah memaksakan kehendak manusia dan mengatur waktu Tuhan seturut waktu kita sebab firman Tuhan mengatakan bahwa sesungguhnya jalan kita bukanlah jalan Tuhan. Sebab itu, apabila kita dapat belajar menghormati keputusan Tuhan dan percaya bahwa hidup kita sudah sepenuhnya berada dalam pemeliharaan Tuhan, walau usia Anda sudah memasuki 40 tahun, jangan pernah bimbang sebab Tuhan dapat mengubahkan keadaan seperti membalikkan telapak tangan.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s