IMAN ITU AKTIF

Bacaan: Yakobus 2:14-26

Saat     Allah   memerintahkan Abraham untuk mempersembahkan   Ishak,   anak   satu-satunya, Abraham tidak hanya percaya bahwa Allah sanggup melakukan  mukjizat,  tapi  ia  juga  bertindak  yaitu Abraham  taat  melakukan  perintah  Allah  dengan mempersembahkan  Ishak  di  atas  mezbah.  Itulah iman dan perbuatan, oleh sebab itu Abraham disebut: “Sahabat Allah”.

Iman timbul dari pendengaran akan firman Allah. Apa yang ditulis dalam firman Allah bukan hanya tulisan tentang sejarah atau cerita religius, namun juga merupakan tulisan yang dapat mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik. Kehidupan yang akan menjadi pengaruh yang baik bagi banyak orang, bahkan mempunyai kuasa melalui perkataan kita untuk mengubah keadaan yang buruk menjadi baik. Itulah iman aktif! Kita dapat memakai firman Tuhan atau melakukan firman Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari, di rumah, di sekolah, di tempat kerja, ataupun di mana saja. Tetapi iman akan menjadi iman yang pasif, jika kita hanya percaya kepada firman tetapi kita tidak melakukan firman tersebut. Iblis juga percaya kepada firman Tuhan, bahkan ia gemetar terhadap firman Tuhan.

Bagaimana caranya untuk kita mengaktifkan iman kita? Bersekutu dengan Tuhan setiap hari, baca   firmanNya,   renungkan   firman   tersebut dan praktikkan. Sebab iman akan timbul dari pendengaran akan firman Tuhan. Semakin Anda haus untuk mengisi makanan kekal yakni firman Tuhan  ke  dalam  hidup  Anda,  maka  semakin Anda mengenal Tuhan Yesus dengan benar. Sebab pengenalan akan Tuhan itulah tujuan kita sebagai umat percaya. Dengan demikian kita dapat mengaktifkan iman kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s