ORANG BENAR DAN ORANG FASIK

Bacaan: Amsal 4:14-19

Di dalam Alkitab tidak ditemukan catatan bahwa Yesus bergaul dengan orang fasik. Namun yang tercatat adalah Yesus bersahabat dengan: orang jahat mantan pembunuh (orang yang disalib bersama Yesus), mantan pelacur (Maria Magdalena dan perempuan Samaria yang bercakap-cakap dengan Yesus), mantan koruptor  (Zakheus)  dan  bersahabat  dengan  orang orang miskin/kotor secara lahiriah (mantan nelayan para murid Yesus) dan dianggap najis/kafir oleh para pemimpin agama.

Orang fasik diartikan dengan orang yang tidak sungguh-sungguh menjalankan agamanya, dan yang tidak mengindahkan perintah Tuhan.  Dalam bahasa Ibrani disebut ”RASYA” dan dalam bahasa Yunani disebut “PARAKOE” yang artinya tidak taat (secara aktif ), dengan kata lain melakukan penyimpangan dari hal yang seharusnya.

Pada Kitab Mazmur 50:16-22, dikelompokkan sebagai   orang   fasik   ialah   mereka   yang   suka menyelidiki dan mengutip firman Tuhan, tetapi tidak mau ditegur firman Tuhan, yang tidak mau menerapkan firman Tuhan, berkompromi dengan dunia yang korup, hawa nafsu, suka memfitnah/ menggosipkan orang lain/ berbicara sembarangan, suka berdusta/menipu, suka menjelekkan keluarga sendiri, meremehkan kuasa dan hadirat Tuhan.

Sebaliknya  orang  benar  menurut  Mazmur 1:2 adalah orang yang kesukaannya ialah Taurat Tuhan, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Kita ada dan ditebus untuk melakukan tujuan  yang  Tuhan  tetapkan  bagi  kita.  Bukan sebaliknya dengan berupaya Tuhan  menuruti dan menyetujui apa yang kita hendak capai. Tuhan Yesus menginginkan, agar kita menjadikan DIA Tuhan  atas  seluruh  kehidupan  kita.  Dengan hidup sebagai pelaku firman Tuhan bukan hanya pendengar saja, tidak berkompromi dengan dunia, menguasai  lidah/menjaga  perkataan,  dan  hidup dalam takut dan gentar akan Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s